5 Situs Penyedia Layanan Blogging Terbaik Selain WordPress dan Blogger

Situs-Penyedia-Layanan-Blogging-Terbaik

Jika sudah berbicara dan membahas mengenai dunia blogging, pastinya tidak jauh-jauh dari layanan blog Blogger dan WordPress. Ya, sejak dahulu memang 2 situs blogging ini menjadi yang paling populer meski saat ini sudah banyak bermunculan situs blog terbaru.

Bagi Anda yang sudah lama berkutat dengan Blogger atau Wordpess, tidak inginkah Anda mencoba menggunakan layanan blog lain? Mungkin siapa tahu memiliki fitur yang lebih baik, atau dengan blog baru Anda bisa berinovasi maupun mendapatkan lebih banyak pengunjung. Tidak ada salahnya jika Anda mencoba, dan inilah 5 situs penyedia layanan blogging yang dianggap terbaik selain WordPress dan Blogger, beserta fitur-fiturnya:

1. Tumblr

Untuk yang pertama adalah Tumblr, sebuah situs dengan layanan mikroblog terbaik. Layanan Tumblr memang dikenal menyediakan fasilitas postingan konten multimedia atau lainnya dalam bentuk blog yang pendek. Tumblr jarang dipakai untuk kegiatan blog bisnis, bahkan umumnya hanya untuk posting foto, gambar bergerak seperti GIF maupun  video.

Fitur andalan lain dari Tumblr adalah juga re-blog yang artinya setiap pengguna diperbolehkan untuk mendiskusikan postingan dari blog orang lain. Cocok untuk fotografer, orang yang suka menuliskan cerita pendek, dan lain-lain.

2. Live Journal

Tidak pernah disebut sebagai blog, namun banyak yang menyebutnya Live Journal sebagai blog. Mungkin karena fitur dan fasilitasnya yang memang sangat menyerupai situs penyedia blog pada umumnya. Yang membuatnya menarik adalah pada setiap entri yang berisikan tulisan, gambar, foto, dan file multimedia lain akan memiliki halaman web sendiri, bahkan juga termasuk komentar-komentar yang dipostingkan oleh pengguna lain.

Selain itu dalam Live Journal, untuk tampilan jurnal sendiri, template-nya bisa diganti sesuka hati oleh pengguna begitu juga gambar yang bisa dirubah. Tentu ini fitur yang mirip seperti blog. Sedangkan fitur yang mirip seperti media sosial adalah kesempatan pengguna Live Journal untuk mencari pengguna lain yang  dianggap memiliki minat sama dengan fitur Pencarian Minat maupun pencarian Profil.

3. TypePad

Namanya hampir tidak terdengar dalam dunia blogging. Namun TypePad adalah sebuah layanan blog yang cukup bagus. Pengguna terbanyak TypePad berasal dari Amerika Serikat. Sebelum Anda membuat blog TypePad, perlu diketahui bahwa Anda bisa memilih versi pro maupun versi micro.

Kedua versi memang tidak memiliki perbedaan mencolok, bahkan sama-sama sudah mendukung publikasi teks, gambar maupun video baik dari web, surel atau juga dari telepon seluler. Perbedaan ada pada ketersediaan ruang media yang hanya 3 GB untuk versi micro. Sedangkan versi pro Anda akan mendapatkan media penyimpanan hosting hingga mencapai 100 GB  plus kontrol total pada desain blog. TypePad dimiliki oleh pengembang Endurance International Group.

4. Weebly

Weebly menjadi situs penyedia layanan blog selanjutnya yang perlu Anda coba. Fiturnya sangat unik dan berbeda dengan layanan blog lain, yakni dengan menggunakan format widget. Menggunakan Weebly dipastikan akan membuat pengguna dapat membuat halaman dengan hanya beberapa klik saja, caranya dengan menyeret serta menjatuhkan elemen halaman yang berbeda baik itu berupa gambar, teks, maupun konten interaktif lain.

Yang paling hebat adalah Weebly akan memperbolehkan para pengguna untuk menggunakan nama domain yang dapat di kustom padahal masih dari versi gratisnya. Pihak pengembang Weebly sendiri pernah mengumumkan bahwa fitur Weebly editor sudah kompatibel dengan peramban web seperti Safari dan Google Chrome, sebelumnya kompatibilitas Weebly Editor hanya kompatibel dengan peramban Internet Explorer serta Mozilla Firefox.

5. MySpace

Siapa bilang MySpace hanya merupakan situs layanan media sosial saja? Jangan salah karena MySpace juga memiliki layanan blog yang bisa dimanfaatkan untuk menuangkan apa yang ada dalam pikiran Anda. Meski tidak selengkap blog pada situs lain setidaknya blog MySpace memiliki aspek standar untuk isi konten, emosi, dan media baik foto maupun video. Sebelum Facebook dan Twitter hadir, MySpace menjadi situs jaringan sosial yang paling populer di Amerika Serikat dahulu. Jadi bisa dikatakan MySpace adalah situs jejaring sosial yang memiliki fitur blog.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *