5 Situs Untuk Menjual Foto Bagi Para Pecinta Fotografi

Punya hobi fotografi? Apa salahnya Anda menghasilkan uang dari hobi tersebut. Berbicara menghasilkan uang dari fotografi bukan selalu membuka studio foto atau berkeliling ke tempat pesta pernikahan. Bisnis fotografi tidak selalu seperti itu, karena saat ini ada sebuah cara lebih mudah dan lebih praktis dalam menghasilkan uang lewat dunia fotografi. Salah satunya adalah dengan menjual hasil karya-karya foto Anda pada situs-situs online. Ya, saat ini ada banyak situs website yang menjadi tempat jual beli foto maupun karya grafis vector.

Pada umumnya foto-foto yang banyak dibutuhkan adalah foto ilustrasi untuk digunakan pada media, khususnya media online. Sebagai contoh ada sebuah foto ilustrasi yang ditaruh pada artikel berjudul ‘cara menjalin hubungan baik dengan keluarga’. Maka yang ada dalam artikel tersebut adalah sebuah foto yang ilustrasi dimana memperlihatkan anggota keluarga yang sedang berkumpul dan bersama. Berikut ini adalah beberapa situs-situs microstock yang menjadi tempat atau saran menjual foto secara online:

1. ShutterStock

Salah satu situs yang bisa menghasilkan uang bagi para fotografer adalah ShutterStock. Situs ini merupakan situs penyedia gambar digital terkemuka yang tentunya sudah berlisensi. Perusahaan Shutterstock sendiri memiliki tujuan untuk menghubungkan para profesional yang bergerak di bisnis kreatif khususnya para fotografer dan desainer grafis agar mau membagikan foto-foto terbaik , vektor , ilustrasi atau bahkan video.

Melalui situs ini Anda bisa menghasilkan uang dalam bentuk dollar dari setiap foto yang laku. Cara bergabungnya pun cukup mudah, Anda tinggal melakukan registrasi dan memasukan data diri. Semakin banyak karya yang diunggah akan semakin bagus. Nantinya hasil foto atau desain Anda dapat dilihat jutaan orang dan bagi orang yang berminat untuk keperluan mereka, foto Anda bisa di download. Anda sebagai pemiliknya akan dibayar antara $0,2 – $25 untuk rata-rata per sekali download.

2. Istockphoto

Istockphoto diklaim sebagai situs jual beli foto online yang paling populer dan tertua, atau menjadi pesaing dekat ShutterStock. Dari sinilah Anda bisa mendapatkan komisi hinga 15% untuk setiap foto yang di download oleh orang lain. Bahkan apabila member Istockphoto bisa menjadi exclusive contributor, maka ada komisi sebesar 45% dari setiap foto yang terjual.

Hanya saja peraturan dari Istockphoto, pihak member bisa mencairkan uangnya jika sudah mencapai $100. Pembayaran mudah, Anda bisa menggunakan cek, PayPal, Money Bookers, desposit langsung, maupun lewat kartu kredit seperti Master Card.

3. Fotolia

Untuk situs ini memang tidak menerima gambar vector, karena dikhususnya untuk gambar foto. Bagi Anda yang mengupload foto ke situsFotolia, dimungkinkan hasil karya Anda akan dilihat oleh jutaan calon pembeli foto dari seluruh dunia. Fotolia  menjadi situs microstock yang cukup mudah karena menyediakan beberapa aplikasi untuk lisensi pembelian.

Pada setiap foto yang sudah terjual, maka Anda sebagai pemiliknya bakal menerima royalti yang didasarkan dengan tipe berlangganan pembeli. Pendapatan sebesar 20% sampai 60% siap menanti untuk sebuah penjualan foto yang didownload, kemudian ada komisi sebesar 0.25 sampai 0.40 kredit untuk download oleh pelanggan Fotolia.

4. Dreamstime

Masih sama seperti situs-situs diatas, Dreamstime menjadi situs microstock yang bisa menghasilkan uang bagi Anda para fotografer. Daftarlah dan unggah hasil karya terbaik Anda dan dapatkan uang dalam bentuk dollar.

Namun yang menjadi kendala adalah sistem pembagian pada situs Dreamstime yang ternyata agak sedikit rumit, dimana penghasilan dikelompokkan ke level berbeda yang didasarkan atas berapa jumlah download yang terjadi dalam setiap foto. Ditambah lagi pendapatan yang didasarkan dari ukuran image maupun jenis ekstensi image-nya itu sendiri. Segalanya dirinci dalam Dreamstime.

5. Getty Images

Sebuah situs microstock yang cukup unik, yakni Getty Images. Situs ini cukup ketat dalam menyeleksi foto-foto yang masuk. Diantaranya mereka tidak menerima stok foto yang mereka rasa sudah terlalu mainstream. Akhirnya untuk menjadi kontributor dari Getty Images Anda harus lebih kreatif lagi, namun komisi yang akan diterima jelas setimpal dengan  karya Anda.

Ketimbang mengupload foto di media sosial atau menyimpannya dalam harddisk, mengapa Anda tidak menjualnya secara online?

One thought on “5 Situs Untuk Menjual Foto Bagi Para Pecinta Fotografi

  1. makasih infonya gan..
    skalian tanya boleh gak jual 1 foto ke lebih dari 1 situs microstock?
    terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *