Apa Itu SEO, dan Apa Manfaatnya Bagi Bisnis Online?

Apa-Itu-SEO

Saat ini pasti banyak yang ingin melakukan pemasaran bisnis online mereka melalui SEO, namun mungkin masih ada beberapa orang yang belum mengerti apa itu SEO dan apa manfaatnya bagi sebuah bisnis online. SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization, atau dalam bahasa Indonesia berarti Optimasi Mesin Pencari. SEO adalah upaya yang dilakukan oleh pemilik website agar website mereka teroptimasi dengan baik sehingga mendapat peringkat yang baik di mesin pencari, terutama Google.

Semakin bagus posisi sebuah website di halaman pencarian Google, maka akan semakin besar peluang untuk mendapatkan visitor dan pelanggan potensial bagi sebuah bisnis online. Ada beberapa strategi yang dipraktekkan oleh para pekerja SEO untuk sebuah website, tapi ada yang memberikan dampak buruk bagi peringkat website. Berikut penjelasan singkatnya:

1. Strategi White SEO

Strategi ini biasanya dilakukan oleh orang yang sudah paham tentang SEO dan sudah mengerti tentang dampak SEO yang salah bagi sebuah website. Beberapa orang mengatakan tehnik white SEO adalah tidak melakukan apa-apa di luar website untuk mendapatkan posisi yang baik di mesin pencari. Menurut saya tidak begitu, white SEO itu adalah tehnik promosi dengan membangun links dari situs lain dengan cara yang baik. Bagaimanapun juga, sebuah website perlu membangun links dari website lain agar bisa populer di internet.

2. Tehnik Gray SEO

Hampir sama dengan strategi white SEO, tehnik ini sering digunakan untuk memaksimalkan posisi website di internet. Caranya adalah dengan membangun links dari sumber website lain untuk membangun popularitas di internet. Tentu saja strategi yang digunakan adalah dengan cara yang rule dari Google webmaster. Membangun links dari luar website bukanlah hal yang dilarang oleh Google, tapi kita harus membangun links dengan bijak.

3. Tehnik Black SEO

Pada masa lalu tehnik ini sangat banyak digunakan para pemilik website untuk mendapatkan peringkat yang baik di mesin pencari Google. Cara yang dilakukan adalah dengan memasang links website kita di banyak situs dengan menggunakan software. Pertumbuhan links menuju situs kita terjadi secara massive sehingga peringkat website kita akan meningkat pesat dalam waktu yang sangat singkat.

Ini Manfaat SEO Bagi Bisnis Online

1. Meningkatkan Posisi Website di Mesin Pencari

Tentu saja kita ingin posisi website yang kita bangun mendapat peringkat yang baik di mesin pencari untuk kata kunci yang kita inginkan. Dengan menggunakan strategi yang baik dan terarah maka pada waktunya nanti posisi website yang dioptimasi akan mendapat peringkat yang lebih baik di mesin pencari.

2. Meningkatkan Trafik Website

Tentu saja trafik adalah salah satu faktor kesuksesan di dalam bisnis online. Sebuah website yang punya trafik tertarget akan mampu mengukur keberhasilan bisnis mereka dan mengembangkan bisnis. Trafik dari mesin pencari adalah trafik yang potensial dan tertarget, karena trafik dari mesin pencari adalah pengguna internet yang memang mencari informasi atau ingin membeli sesuatu dari internet.

3. Meningkatkan Popularitas Website

Semakin sering sebuah website dikunjungi dari mesin pencari maka website tersebut akan semakin terkenal. Para pengguna internet akan mengingat website bisnis kita dan jika mereka menyukai website dan bisnis yang kita tawarkan maka kemungkinan besar mereka akan terus kembali tanpa harus mengetikan kata kunci lagi di mesin pencari.

4. Analisa & Pengembangan Bisnis Menjadi Lebih Mudah

Seringkali trafik dari mesin pencari datang dari berbagai kata kunci. Dengan melakukan analisa dari ragam kata kunci tersebut, kita bisa mengembangkan bisnis. Kita bisa mengetahui apa yang banyak dicari di internet, kita tinggal menyiapkan apa yang mereka butuhkan. Dengan begitu bisnis kamu akan semakin berkembang dengan sendirinya.

Nah di atas tadi adalah penjelasan apa itu SEO dan apa manfaatnya bagi bisnis online. Semoga artikel singkat ini bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *