Beberapa Kesalahan Fatal Dalam Optimasi SEO

Kesalahan-Fatal-Dalam-Optimasi-SEO

Ketika sudah mengenal SEO, blogger pemula biasanya akan memiliki semangat yang berapi-api dalam optimasinya. Tentu ini akan sangat baik karena nantinya bisa berpengaruh pada posisi ranking atau pemuatan di halaman terdepan mesin pencari.

Pentingnya optimasi SEO karena saat ini hampir seluruh pengguna internet memanfaatkan mesin pencari berbasis keyword untuk mencari halaman atau konten yang mereka inginkan. Hanya saja masih cukup banyak blogger atau pemilik website belum merasa puas akan optimasi SEO yang dibangunnya. Ingin menyalahkan Google? tentu tidak mungkin.

Jadi yang patut dipersalahkan adalah diri sendiri karena bisa saja Anda melakuakn kesalahan dalam optimasi SEO tanpa disadari. Berikut ini adalah beberapa kesalahan fatal dalam optimasi SEO yang sering dilakukan:

1. Kesalahan Kata Kunci

Inilah salah satu kesalahan yang sangat fatal, yakni kesalahan dalam menentukan kata kunci. Jadi pastikan lakukan riset mendalam sebelum Anda menentukan sebuah kata kunci untuk SEO. Kesalahan sedikit saja akan membuat blog Anda tidak terindex pada mesin pencari.

2. Mengosongkan Tittle Tag

Membuat tag <title> kosong adalah salah satu kesalahan yang sangat umum.Padahal ini merupakan salah satu tempat yang cukup penting untuk optimasi SEO karena pada posisi ini Anda dapat menaruh sebuah kata kunci. Selain itu teks pada tag <title> juga bisa memperkuat hasil pencarian seperti judul halaman blog.

3. Mengabaikan User Interface dan User Experience

Sebaiknya untuk masalah ini Anda harus memberikan perhatian yang khusus, mengingat User Interface atau UI serta User Experience atau UX adalah hal yang cukup mendasar untuk mendobrak sebuah website dalam kemunculan di mesin pencari. Jika belum mengerti, UI sendiri meliputi tentang  penyajian blog maupun web yang dapat dengan mudah pahami.

Jadi tidak perlu mendesain sebuah blog atau halaman web dengan terlalu ‘mewah’. Yang terutama adalah kemudahan pengguna mengakses, mengerti konten, serta mudah mengetahui bagaimana menelusuri blog tersebut, baik navigasi, artikel yang terkait dan lain-lain.

Sedangkan User Experience atau UX lebih merujuk kepada pengalaman pengunjung dalam memahami halaman Anda terutama dalam melihat tatanan bahasa yang baik, solusi yang ditawarkan, maupun penyajian informasi. Inilah pentingnya membuat konten yang berguna ketimbang hanya bertujuan untuk menarik pengunjung saja.

4. Hanya Berkonsentrasi Pada Meta Tag

Blogger pemula sering berpikir bahwa membangun dan optimasi SEO adalah mengenai banyaknya keyword yang ditaruh serta deskripsi pada meta tag. Akhirnya sering terjadi banyak pengulangan keyword atau bahkan tema blog dapat melebar sekali hanya untuk menempatkan banyak kata kunci. Selain memperburuk tampilan blog dan kontennya, hal tersebut juga sebenarnya tidak berpengaruh besar pada rangking.

5. Ketiadaan Sitemap

Sitemap merupakan sebuah alat bantu untuk para owner website yang mempermudah dalam pengenalan peta situs pada website. Penting untuk diketaui bahwa Sitemap secara teknis dapat membantu Google menavigasi situs website atau blog Anda dengan cepat. Hal ini tentu membuatnya tidak akan terjadi kesalahan dari Google guna menempatkannya di peringkat bawah.

Langkah-langkap penerapan Sitemap adalah dengan cara memanfaatkan perangkat lunak guna menciptakan peta situs (sitemap) pada format XML Google, kemudian mengintegrasikan serta unggah ke situs web maupun memberitahu URL web Anda ke Google.

6. URL Halaman yang Kacau

Beberapa contoh URL yang kacau adalah penggunaan URL yang dinams lantaran pengaruh dari meta tag dinamis. Jadi akhirnya membuat URL semakin tidak beraturan dan akan lebih sulit terindex. Kemudian beberapa contoh URL kacau adalah URL yang tidak sempurna dan umumnya diakibatkan judul blog panjang, sehingga URL bakal terpotong tidak sempurna. Beberapa solusi yang bisa Anda gunakan adalah menerapkan judul yang pendek, dan menggunakan tautan permanen khusus yang telah disediakan oleh pihak Blogger.

7. Konten Duplikat atau Copas

Konten yang duplikat atau berasal dari sumber copas ternyata merugikan dalam optimasi SEO serta menjadi kesalahan yang umum dilakukan blogger malas. Google tidak bodoh sehingga Google lebih mengakui serta memberikan penghargaan dengan mengindex sebuah halaman dengan konten asli buatan sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *