Berbisnis Investasi Saham secara Online

Berbisnis-Investasi-Saham-secara-Online

Investasi merupakan sebuah langkah penting untuk menyimpan uang tabungan secara lebih baik. Dengan berinvestasi, kelebihan uang anda tidak akan habis untuk membeli barang-barang mewah dan akan digunakan untuk menghasilkan perputaran pendapatan yang lebih besar lagi.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, investasi adalah penanaman uang atau modal di suatu perusahaan atau proyek dengan tujuan untuk memperoleh keuntungan. Jadi, dengan melakukan investasi maka aset lancar anda akan bergerak secara dinamis mengikuti perkembangan bisnis.

Kini investasi dapat dilakukan melalui bursa perdagangan saham. Bagi anda yang memiliki modal, anda dapat menjadi investor dengan membeli saham sebuah perusahaan. Perusahaan tersebut juga akan memperoleh keuntungan karena mendapatkan suntikan dana dari aset yang anda investasikan. Modal investasi awal anda akan bergerak sesuai dengan fluktuasi nilai saham yang telah anda miliki.Anda pun dapat mengawasi pergerakan nilai saham dengan mengakses informasi secara online.

Sebelum memutuskan untuk membeli saham secara online, anda harus memperhatikan 2 faktor penting yakni faktor hasil dan risiko. Cermatlah dalam mengamati keseimbangan antara hasil dan risiko bila anda membeli saham suatu perusahaan. Baca juga informasi apa itu Forex.

Beberapa Keuntungan yang Dapat Diperoleh dari Investasi Saham

Saham dikenal dengan sifatnya yang dinamis dan mudah dijadikan aset investasi. Anda dapat memperoleh bagian dari keuntungan perusahaan yang akan dibagikan setiap Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS). Keuntungan tersebut disebut dividen dan dibagikan setiap satu periode sekali (umumnya setiap tahun).

Selain dividen, anda juga dapat memperoleh keuntungan dari selisih harga jual yang lebih tinggi daripada harga beli (capital gain). Misalnya saja anda menginvestasikan uang senilai Rp 20.000.000 untuk membeli saham dengan harga Rp 2000 per lembar. Beberapa hari kemudian nilai saham tersebut naik menjadi Rp 2.500 per lembar.

Berarti dalam waktu singkat anda bisa mendapatkan keuntungan sebesar Rp 5.000.000 dari investasi saham tersebut. Sifat saham yang liquid juga membuat anda dapat menjual sebagian saham anda ketika sedang membutuhkan uang. Hal ini tentu berbeda dengan aset-aset lainnya seperti tanah, rumah dan emas yang harus dijual secara keseluruhan (tidak dapat dibagi-bagi).

Namun kembali lagi seperti yang telah disampaikan diatas, peluang bisnis yang satu ini mempunyai kemungkinan resiko yang tak kalah besar. Oleh karena itu perlu pengenalan mendalam serta pengalaman yang cukup agar mendapatkan profit yang konsisten.

Langkah-langkah Berinvestasi Saham Online

Sebelum anda memulai investasi saham secara online, alangkah baiknya bila anda mempelajari langkah-langkah memulai investasi saham dengan benar, seperti beberapa step yang dkutip dari Bursa Efek Indonesia (BEI) berikut ini :

  • Buatlah akun baru di sebuah perusahaan sekuritas atau broker saham di sekitar wilaah anda. Lengkapi berbagai persyaratan untuk membuka akun (kelengkapan identitas, nilai aset yang dimiliki dan kelengkapan lainnya)
  • Untuk mempermudah keperluan konsultasi tentang investasi saham online, catatlah nomor telepon customer service atau kontak broker saham.
  • Perusahaan sekuritas atau broker akan memberikan software aplikasi yang harus diinstall pada perangkat komputer atau laptop anda. Selain software, ada pula aplikasi mobile bagi smartphone yang telah men-support analisis saham online
  • Di tahap keempat anda sudah dapat mulai menyetorkan investasi anda ke perusahaan sekuritas atau broker.Biasanya modal awal yang dapat diinvestasikan adalah Rp 10.000.000,- namun ada juga perusahaan tertentu yang menerima nilai investasi lebih kecil lagi pada kisaran ratusan ribu hingga jutaan rupiah.
  • Mulailah untuk memilih perusahaan mana yang ingin anda jadikan sebagai sarana investasi. Masukkan jumlah saham yang ingin anda beli.
  • Setelah anda men submit permohonan investasi, selanjutnya anda harus menunggu untuk mendapatkan approval karena biasanya ada antrian dari pihak-pihak lain yang ingin berinvestasi di perusahaan yang sama. Lamanya waktu tunggu proses investasi biasanya maksimal 3 hari.
  • Bila hasil transaksi anda diterima, biasanya anda akan mendapatkan pesan notifikasi. Selanjutnya perusahaan sekuritas atau broker akan memberikan laporan transaksi jual beli saham termasuk potongan biaya lainnya secara rutin.
  • Setelah berinvestasi, anda dapat menunggu waktu pembagian dividen bagi para pemegang saham. Terkadang ada pula perusahaan yang membagikan dividen dalam jangka waktu yang lama karena investasi anda digunakan untuk perputaran modal.

Nah, ternyata melakukan investasi saham secara online tidak rumit dan tidak membutuhkan modal yang besar. Jadi, manfaatkanlah sebagian tabungan anda untuk memulai investasi saham online dari sekarang. Jangan lupa untuk mempelajari karakteristik dan reputasi perusahaan yang akan menjadi tempat investasi anda.

One thought on “Berbisnis Investasi Saham secara Online

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *