Cara Mempercepat Loading Sebuah Blog/ Website

Cara-Mempercepat-Loading-Sebuah-Blog-Website

Sifat egois hanya akan merugikan diri sendiri, dan mungkin ini ada hubungannya dengan Anda yang mendesain blog sedemikian rupa tanpa memperdulikan orang lain. Apa hubungannya desain blog dengan kepedulian terhadap orang lain? Tentu saja ada, karena semakin ‘extreme’ Anda mendesain blog maka semakin berat untuk diakses.

Apakah Anda tidak merasa kasihan dengan para pengunjung yang memiliki akses internet lambat? Tentu akan sangat lama dengan internet lambat untuk membuka secara penuh blog yang berisi berbagai elemen dan desain ramai. Jadi mulailah bersikap baik hati dan segera rombak blog Anda agar bisa dilakuakn loading lebih cepat meski dengan kecepatan internet lambat.

Berikut ini tips dan cara agar blog Anda loading lebih cepat saat diakses:

1. Kurangi HTTP Request

Ada beberapa hal yang bisa membuat blog lama dimuat. Mungkin salah satunya adalah komponen pada blog yang cukup banyak Jadi untuk mempercepat loading pastikan Anda membangun komponen blog seminimal mungkin. Hal ini mengingat pada setiap komponen yang ada, browser bakal melakukan request yang bisa memakan waktu loading.

Mulailah dengan mengurangi berbagai objek berupa gambar, script, maupun hiasan-hiasan pada blog yang berlebihan dan tidak terlalu berfungsi. Hal ini efektif untuk mempercepat loading halaman blog.

2. Kurangi plugin yang tidak penting

Banyak plugin tentu saja akan memakan resource system yang banyak juga. Umumnya Plugin memakan resource lebih pada memory maupun prosesor server yang, terutama jika plugin yang ditulis tidak rapih sehingga bakal memakan resource lebih besar. Solusinya sudah jelas Anda harus menekan resource CPU server dengan menggunakan cache plugin serta menggunakan tema yang ringan.

3. Lakukan CSS Image Sprites

Banyak blogger yang belum memahami trik CSS Image Sprites. Padahal teknik ini didasarkan pada penggabungan beberapa gambar pada satu gambar kemudian membagi satu gambar tersebut pada banyak area. Memang unik karena pada satu gambar dapat disuntikkan banyak link, padahal umumnya pada satu gambar hanya dapat ada satu link saja.

Trik Image Sprites ini sering kali digunakan pada background maupun navigasi yang menampilkan gambar berederet. Jika tanpa trik ini orang harus memuat banyak gambar, namun dengan trik ini Anda hanya perlu memuat satu gambar saja.

4. Membuat widget yang tidak diperlukan

Widget banyak bukannya memperindah blog malah memperburuk blog. Selain akses yang lebih lama, juga apakah fungsinya penting? Ada banyak para blogger pemula yang dengan menempelkan widget yang tidak perlu untuk para pembaca seperti page rank, awarad, badge, game, dan sebagainya.

Kenyataannya seluruh widget itu tidak ada fungsinya untuk para pengunjung. Bahkan bisa dipastikan para visitor tidak akan memperdulikan seberapa tinggi page rank blog Anda, atau mungkin seberapa kecil alexa rank, berapa banyak award yang didapat karena pengunjung hanya membuka, membaca serta menikmati konten-konten Anda. Widget cukup 1 atau 2 saja dan dijamin akan membuat blog semakin cepat dimuat.

5. CSS Expression juga tidak diperlukan

CSS Expression awalnya dikenalkan pertama kali pada Explorer versi 5.0 dimana fitur ini memperbolehkan pengguna untuk memanggil JavaScript expression ke CSS. Contoh efek visualnya CSS Expression dapat menjadiikan tampilan warna background bisa berubah setiap beberapa waktu.

CSS expression ini ini dapat membuat browser untuk menganalisa halaman berulang kali jadi tentu saja akan membuatnya semakin berat diakses. Jadi sebaiknya hindari penggunaan CSS Expression guna mengurangi intensitas kalkulasi yang dilakukan oleh browser.

6. Gunakan format gambar yang ringan

PNG dan GIF adalah ekstensi file gambar yang memiliki ukuran besar dibandingkan JPEG. Jadi untuk menampilkan gambar tidak bergerak dan tidak transparan sebaiknya Anda gunakan format JPEG. Dengan resolusi yang sama JPEG lebih kecil ukurannya dibandingkan PNG dan GIF.

7. Perkecil ukuran gambar

Dengan memperkecil ukuran gambar ternyata mampu untuk mempercepat loading blog. Yang dimaksud dengan memperkecil gambar adalah pada resolusi pixelnya. Cukup dengan satuan KB saja Anda bisa mendapatkan gambar hingga mencapai 1000 x 500 lebih. Jangan mengupload gambar besar kemudian diatur menjadi tampilan kecil pada blog karena akan sangat percuma.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *