5 Cara Menanggapi Komentar Yang OOT Pada Blog, Dijamin Efektif

Namanya juga dunia maya, ada saja kejadian-kejadian aneh yang akan Anda temui. Salah satunya adalah momen ketika Anda mendapatkan sebuah komentar yang ternyata jauh melenceng dari konten yang dibahas pada sebuah blog maupun situs website. Komentar yang melenceng tersebut sering dinamai dengan istilah OOT atau kepanjangan dari Out of Topic.

Dari istilah ini sudah tentu Anda bisa mengartikan bahwa OOT menjadi sebutan terhadap sebuah komentar balasan seseorang yang keluar dari topik atau tema. Sungguh disayangkan karena hal tersebut sama saja tidak menghargai Anda sebagai pemilik halaman blog dan sebagai penulis artikel. Yang paling sering ditemui biasanya adalah komentar OOT berupa promosi baik itu promosi produk dagangan, atau promosi blog milik orang yang komen.

Menjengkelkan sekali memang, namun setidaknya ada beberapa opsi untuk Anda sebagai pemilik blog untuk menanggapi komentar OOT tersebut. Berikut ulasannya:

1. Membiarkan komentar tetap ada tanpa tanggapan

Beberapa blogger ketika melihat dalam blog-nya terdapat komentar OOT tidak melakukan tindakan apapun. Sebenarnya tidak masalah juga membiarkan ada komentar aneh pada blog. Biasanya blogger yang demikian adalah blogger yang malas untuk melakukan revisi halamannya, atau mungkin karena jarang sekali melakukan pengecekan.

Atau alasan lain yang mungkin masuk akal adalah membiarkan komentar OOT sebagai pemenuh halaman blog. Biasanya adalah blog yang sepi, jarang ada yang komentar sehingga pemiliknya cukup membiarkan saja. Jika demikian kejadiannya tentu sangat miris.

2. Lakukan Strikethrough pada komentar tersebut

Jika Anda tidak mau membiarkan komentar OOT tetap utuh pada blog Anda, mungkin salah satu langkah yang paling cerdas adalah memberikan tanda Strikethrough. Ya, Strikethrough adalah sebuah teknik pencoretan kata-kata menggunakan garis horizontal di tengahnya. Ini mirip seperti pada sebuah penulisan pada media kertas yang menggunakan tinta, diketik, maupun teks namun tidak bisa dihapus saat terjadi kesalahan.

Dengan Strikethrogh membuat kata-kata yang dicoret tersebut menandakan sebuah kesalahan atau sebuah kata-kata yang tidak penting maupun tidak perlu dibaca. Dengan trik Strikethrough, Anda masih dapat melihat komentar OOT namun sudah terdapat tanda coretan. Teknik membuat Strikethrough dapat dilakukan dengan melakukan editing komentar,  kemudian blok (select all) seluruh komentar dan klik ikon menu yang berjudul “Strikethrough”. Maka Anda akan melihat komentar tersebut sudah tercoret.

Sedangkan teknik lainnya adalah dengan kode HTML, yakni menggunakan tag HTML khusus untuk Strikethrough. Caranya adalah dengan tag <strike> dan </strike> maupun bisa dengan tag <s> dan </s>. Contohnya adalah <strike>kalimat OOT</strike>.

4. Hapus komentar

Cara ketiga dalam menanggapi komentar OOT (out of topic) adalah dengan langsung menghapusnya tanpa ampun. Biasanya ini dilakukan oleh para blogger yang tegas dalam mengelola halaman blog-nya. Mereka tidak menginginkan satu pun junk yang masuk, termasuk komentar OOT. Cara untuk menghapusnya pun sangat mudah yakni hanya cukup mengklik opsi “Hapus” tepat dibawah komentar.

Dengan demikian Anda bisa melihat blog tanpa komentar OOT lagi. Sebuah keuntungan, yakni blog Anda lebih rapih, lebih bersih dan lebih enak dipandang. Namun Anda juga harus merelakan komentar berkurang. Jika blog Anda termasuk ramai komentar masuk, tentu tidak terlalu dipermasalahkan. Namun bila komentar sepi, apakah tidak sayang untuk menghapus komentar meskipun OOT? Kembali pada pemikiran Anda.

5. Beri balasan peringatan

Jika menghapus komentar dianggap terlalu sadis, mungkin Anda bisa mencoba untuk melakukan balasan terhadap komentar tersebut. Balasannya sebenarnya tergantung Anda ingin bagaimana. Apakah Anda hendak melakukan balasan untuk menanggapi komentar OOT tersebut, mengucapkan terimaksih sudah berkomentar atau Anda memang hendak membalas untuk memberikan peringatan.

Namun sebaiknya balas saja dengan peringatan agar blog Anda terkesan lebih tegas pengelolaannya. Sebagai contoh balasan peringatan adalah “Mohon maaf, sebaiknya Anda tidak memberikan komentar yang keluar dari topik pembahasan konten”.

Demikian beberapa tindakan yang bisa dilakukan untuk menanggapi komentar yang Out of Topic. Semoga membantu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *