Cara Mengoptimalkan SEO Sebuah Postingan

Cara-Mengoptimalkan-SEO-Sebuah-PostinganPersaingan dalam dunia SEO saat ini sedang dalam masa ‘tegang’. Bagaimana tidak karena setiap pemilik web maupun blog menginginkan halaman mereka masuk ke dalam halaman terdepan pada mesin pencarian, baik itu Google, Bing maupun Yahoo!. Akhirnya ada saja orang-orang yang menggunakan cara kurang pantas seperti teknik SEO aliran Black Hat meskipun ada banyak pula orang yang masih menggunakan aliran White Hat.

Namun apakah teknik-teknik SEO yang Anda terapkan saat ini efektif? Yang menjadi pertanyaan, pernahkah Anda mencoba untuk mengetahui dan mengukur kadar SEO pada sebuah artikel? Menurut para ahli SEO, yang paling ideal adalah kadar SEO pada sebuah postingan maupun artikel haruslah mencapai 90% untuk mencapai hasil maksimal. Sayangnya berdasarkan perkiraan,  kadar SEO dalam artikel dari para blogger indonesia hanya berkisar sampai 80% saja. Tentu ini kurang maksimal dan sebenarnya bisa dimaksimalkan lagi.

Bagaimana Agar Kadar SEO Maksimal?

Jika yang paling ideal adalah 90%, bagaimana dengan angka 100%? apakah bisa dilakukan atau memang maksimal hanya 90%? Bisa saja, hanya agar bisa mencapai kadar SEO hingga 100%, pada sebuah psotingan artikel, ada beberapa hal wajib yang harus Anda lakukan yakni teknik penerapan seluruh atribut ke dalam artikel yang Anda ciptakan.

Apa saja atribut yang harus diterapkan atau bagaimana mengisi atribut yang dijadikan sebagai syarat mencapai kadar maksimal?  Pertama adalah Tittle Tag,  Gambar, Syntax URL, Judul Halaman <h1>, Judul Artikel <h2>, Sub Judul Dalam Artikel <h3>, Cetak tebal <b>, miring <i>, dan garis bawah <u> sampai Meta Tag.

Mengukur Satu per Satu Atribut Pada Postingan

Dari beberapa atribut yang bisa memaksimalkan SEO, kami akan mencoba mengulasnya satu per satu. Simak selengkapnya dibawah ini:

1. Tittle Tag

Tahukah Anda bahwa salah satu elemen pada sebuah postingan web yakni Title Tag diperkirakan dapat mengandung kadar SEO hingga mencapai 20%. Cukup besar dan menunjukkan betapa pentingnya Title Tag. Inilah yang membuat banyak blogger maupun pemilik web memasukan kata kunci utama pada Tittle Tag.

Yang perlu diperhatikan bahwa dalam sebuah Title Tag suatu artikel dapat dikatakan mempunyai format: Judul Artikel dan Judul Artikel – Inisial Blog. Jadi Anda harus menghindari penulisan Title Blog dengan mendahulukan Inisial Blog, sebagai contoh “Blognusantara – Cara memanfaatkan SEO untuk bisnis”. Tittle demikian kurang begitu bagus untuk memaksimalkan SEO.

2. Gambar

Memang gambar pada blog tidak memiliki kadar yang tinggi seperti Tittle Tag. Namun sebaiknya Anda jangan mengabaikan karena kisaran angka 10% juga cukup lumayan. Yang menjadi masalah adalah ketika blogger maupun pemilik web hanya sekedar menempelkan gambar asal-asalan. Jadi sebaiknya gunakan teknik SEO gambar seperti menambahkan tag Alt pada gambar serta tag Title pada Link yang mengarah ke alamat gambar aslinya.

3. Syntax URL

Tidak banyak, diperkirakan hanya 5% saja. Tetapi juga tidak boleh diabaikan begitu saja, selain untuk menambah kadar meski sedikit Syntax URL juga memungkinkan alamat postingan blog Anda menjadi menarik seperti: namaalamat.com/kategori/sub-kategori/judul-artikel. URL demikian terlihat lebih tertata rapi ketimbang URL tanpa di set seperti: namaalamat.com/007/?readthis_id=123. Syntax URL memiliki pengaruh sedikit pada SEO karena apapun URL yang ditulis sebenarnya tidak akan membingungkan Search Engine ketika mengindex Blog atau web Anda.

4. Judul Halaman

Judul halaman menjadi elemen yang paling berpengaruh untuk SEO. Bahkan dianggap bisa mencapai 25% atau melebihi elemen Tittle Tag. Namun sebaiknya Judul Halaman atau tag <h1> ini digunakan untuk menuliskan Nama Halaman, bukan penulisan yang lain.

5. Judul Artikel

Pastikan kata kunci bisa memaksimalkan SEO pada judul artikel halaman Anda. Diperkirakan judul artikel dapat mengandung kadar SEO  mencapai angka 15%. Yang penting adalah penggunaan tag <h2> pada penulisannya.

6. Sub Judul Dalam Artikel

Sub judul dalam artikel sering dimasukan para blogger yang paham betul teknik SEO. Meskipun sering disepelekan nyatanya sub judul menghasilkan angka mencapai 10%  dan cukup berpengaruh pada pemaksimalan SEO. Jangan salah bahwa kebanyakan artikel yang masuk pada Google Page One umuknya telah memiliki Sub Judul yang tertata pada postingannya.

7. Cetak tebal, miring dan garis bawah

Kolaborasi antara cetak tebal, miring dan garis bawah cukup membantu menaikan kadar total SEO pada sebuah postingan. Jadi jangan heran bila ada blog yang memiliki banyak bold, italic dan under line pada banyak kata. Diperkirakan teknik ini menghasilkan kadar 10%.

8. Meta Tag

Meta Tag bisa menjadi penambah saja mengingat Googe tidak lagi membaca Meta Keyword yang ada pada Blog maupun web, melainkan hanya membaca kepada isi dari artikel. Namun jangan salah karena Meta Tag terkadang sangat dibutuhkan, sebagai contoh untuk penyebutan “Author”.

One thought on “Cara Mengoptimalkan SEO Sebuah Postingan

  1. Selain Tag Heading, konten yang berkualitas dan berbobot juga Berpengaruh dalam proses Viral. Namun untuk mempermudahnya, kini juga sudah banyak tools online yang dapat membantu percepatan dalam hal SEO

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *