Ketika Konten Adalah Raja yang Sebenarnya

Konten-Menjadi-Raja

Content is the king atau konten adalah raja adalah istilah yang kerap didengar atau dibaca oleh blogger. Walau blogger pemula sekalipun conten is the king jgua kerap ia jumpai di berbagai blog yang mengupas tentang SEO.

Namun, sebagian blogger sekarang ini kerap terkecoh oleh istilah tersebut, banyak yang menganggap bahwa hanya kontenlah yang penting dalam ngeblog. Menurut penulis, semua hal yang berkaitan dengan ngeblog itu penting. Komponen – komponen saling terkait. Desain, navigasi, kontras, warna, dan pengaturan widget adalah istana bagi si raja untuk bertempat. Apabila setiap komponen telah sempurna, maka konten patut untuk kita ucapkan sebagai raja.

Untuk desain ada yang pro untuk “desain gak usah dipikirin” dan ada juga yang kontra “desain itu penting”. Sebenarnya ada yang benar dan ada yang kurang tepat. Misalnya bagi blogger yang tidak memikirkan sama sekali tentang desain, ini juga salah. Ada juga blogger yang sibuk mengurusi desain sehingga hanya terlena mengurus desain. Jadi, buatlah atau gunakanlah template yang sederhana dan memiliki nilai estestika.

Pada intinya, ciptakanlah setiap komponen dari blog tersebut seoptimal mungkin, karena setiap komponen dalam ngeblog saling bekerjasama. Sebagus apapun konten yang Anda buat jika desain tidak menarik sedikit pun tentu akan melemahkan semangat pengunjung untuk membaca artikel Anda.

Berikut ini adalah komponen blog yang harus dioptimalkan agar konten benar – benar menjadi raja yang sebenarnya.

  1. Desain yang Human dan SEO Friendly

Menjadikan desain yang human dan seo friendly tak menuntut kita untuk bisa padanai kode pemrograman atau desain grafis. Desain yang baik dan human friendly bisa kita dapatkan secara gratis dengan menggunakan template yang sudah bersebaran di internet.

Apalagi untuk pengguna wordpress yang sudah dimanjakan oleh berbagai template yang siap pakai. Ditambah lagi dengan berbagai plugin, desain yang biasa saja bisa menjadi desain yang seperti premium.

Agar desain lebih indah, yang harus Anda lakukan adalah mengatur widget dan tata letak. Untuk tata letak sebaiknya sidebar ada di sebelah kanan.

  1. Logo

Logo juga merupakan hal yang penting, karena logo akan membuat website menjadi lebih profesional. Serta logo juga bisa menggambarkan visi dan misi kita dalam membangun website tersebut.

  1. Warna

Agar tampilan  blog lebih menarik gunakanlah warna yang saling melengkapi. Jika background berwarna gelap gunakanlah font berwarna cerah, jika background berwarna terang, maka gunakanlah font berwarna gelap. Namun, lebih disarankan untuk meggunakan background putih dan tulisan hitam.

  1. Navigasi

Navigasi merupakan link yang menuju ke halaman lain. Misalnya, navigasi popular post, kategori, atau tag. Sebaiknya kita menggunakan navigasi yang penting – penting saja. Ada beberapa navigasi yang cukup penting di bagian sidebar, diantaranya :

  • Artikel Terpopuler
  • Artikel Terbaru
  • List Subscriber
  • Kategori
  • Iklan (jika ada).
  • Jenis Font (typographi)

Jenis font berguna agar artikel/ebook yang kita buat mudah dibaca oleh pengunjung. Maka sebaiknya kita menggunakan tipograhi yang sudah cukup populer dan formal. Misalnya saja belvetica, arial, calibri, dan verdana. Untuk ukuran sendiri sebaiknya antara 12-14 pixels. Untu tulisan sebaiknya rata kiri.

  1. Iklan

Walau pendapatan utama Anda adalah dari iklan. Tempatkanlah iklan tersebut pada daerah yang tidak akan mengganggu visitor dalam berselancar di website Anda. Serta hanya beberapa iklanlah yang terdapat pada website Anda.

  1. Fast Loading

Komponen blog yang cukup berpengaruh selanjutnya adalah kecepatan loading suatu website. Biasanya kecepatan suatu website juga dipengaruhi oleh template yang digunakan. Jadi, pilihlah template yang ringan dan memiliki navigasi mudah.

  1. Related Post

Agar konten yang kita  buat semakin banyak yang membaca maka gunakanlah related post. Related post akan menghubungkan berbagai konten yang saling terkait. Bila ada related post, trafik pageviews dari website kita juga bisa bertambah.

  1. To the Point

Konten yang Anda buat sebaiknya langsung mengarah pada tujuan dan solusi. Jadi, tidak menghabiskan waktu pengunjung untuk membaca artikel atau menikmati konten dengan sia – sia. Untuk membuat konten yang to the pont, selain penguasaan materi Anda harus paham juga apa saja pembagian dari bahasan dari suatu konten.

Patokan untuk melihat apakah konten benar – benar menjadi raja adalah kesukaan pengunjung terhadap website yang kita bangun. Kita bisa melihat bounce rate dari suatu website, jika banyak pengunjung yang kurang menyukai website kita, kemungkinan bounce ratenya akan tinggi.

Jika kesembilan komponen tersebut dapat kita optimalkan, setidaknya konten tersebut telah duduk di bangku raja yang sebenarnya dengan singasana yang megah.

Jadi, setiap komponen akan saling mendukung konten agar benar – benar bisa dikatakan “content is the king”. Demikianlah pembahasannya, semoga artikel singkat ini bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *