Maksimalkan SEO Untuk File Gambar Agar Optimal di Mesin Pencari

SEO-Untuk-File-Gambar

Sering kali kita mati-matian dalam mengoptimasi blog kita dengan trik-trik SEO agar muncul di halaman awal pada mesin pencari. Sampai para penggiat SEO lupa dengan optimasi gambar yang ternyata juga bisa sangat menguntungkan. Sudah bukan hal yang aneh apabila banyak orang yang mencari informasi dengan mesin pencari melalui penelusuran gambar.

Selain lebih efektif, terkadang penelusuran gambar bisa sangat membantu agar orang tahu secara gamblang mengenai informasi yang sedang di carinya. Untuk itulah kami menghimbau para blogger maupun pemilik situs web agar mengoptimasi file gambar miliknya dengan teknik SEO. Tujuannya jelas yakni untuk menaikan kunjungan.

Lalu bagaimanakah memanfaatkan teknik SEO untuk file gambar. Berikut ini cara-caranya yang mungkin bisa Anda ikuti:

Buatlah Kata Kunci Pada File Gambar

Sebuah gambar akan muncul pada mesin pencari apabila file aslinya memiliki kata kunci. Terkadang para blogger lupa untuk memberikan kata kunci dan tetap menguploadnya ketika gambar masih memiliki nama asli dari kamera. Sebagai contoh pada kamera tertentu nama gambar adalah DSC_253, maka sebelum menguoploadnya Anda harus merubah nama (rename) dengan kata kunci yang sesuai dengan isi artikel.

Sebagai contoh gambar laptop, maka bisa diberi nama belilaptopmurah.jpg atau bisa juga dipisahkan seperti beli-laptop-murah.jpg. Penggunaan strip (-)  memang harus dilakukan karena file gambar tidak boleh menggunakan spasi. Nama file yang dibuat cukup panjang dan sangat deskriptif dianggap tidak terlalu jadi masalah, namun yang harus diperhatikan adalah tetap tidak dibanjiri dengan keyword yang sama berulangkali.

Gunakan Gambar yang Relevan

Salah satu trik agar gambar bisa keluar pada mesin pencari tentunya adalah menggunakan gambar yang relevan. Gambar yang bisa berupa foto asli maupun ilustrasi dimaksudkan untuk memperbagus isi sekaligus memperkuat postingan. Jadi pastikan antara gambar dan isi tetap sesuai. Sebagai contoh apabila Anda memposting tentang traveling di gunung Lawu, sudah pasti Anda harus memposting gambar gunung Lawu. Bukan gambar yang lain.

Memberikan Alt serta Title Text Pada Gambar yang Diposting

Apa sebenarnya manfaat dari Alt untuk gambar? Jangan salah karena Alt Title justru sangat bermanfaat terhadap pengunjung jika gambar gagal dimuat oleh web browser maupun karena kegagalan dengan alasan lain. Nah, disinilah teks pada atribut alt dianggap berfungsi sebagai deksriptif bagi mesin pencari.

Perlu Anda ketahui pula bahwa Search engine sebenarnya bekerja dengan “tidak melihat” gambar. Pada intinya sebuah mesin pencari hanya dapat melihat dari sebuah teks. Itulah mengapa terkadang ada gambar yang tidak sesuai dengan kata kunci saat pencarian karena faktor teks. Bisa keliru atau bisa juga karena pemilik gambar sengaja menggunakan teks yang tidak sesuai.

Penambahan Alt teks pada blog bisa dilakukan dalam tag gambar, yakni melalui “HTML” mode pada post editor segera setelah Anda mengupload gambar. Atau cara lainnya adalah dengan klik gambar yang muncul pada post editor segera setelah gambar diupload kemudian dimasukkan ke post. Nantinya bakal muncul menu dan Anda tinggal klik “properties”.

Menambahkan Teks Pada Area Sekitar Gambar

Perlu diketahui bahwa dengan adanya penambahan berbagai teks yang ada di sekitar gambar, ternyata dianggap sama halnya dengan pengaruh teks yang mengelilingi link atau biasa disebut dengan istilah kadar relevansi. Ya, memang dengan adanya teks di sekitar gambar memungkinkan berpengaruh karena bisa memberikan gambaran serta penekanan relevansi terhadap sebuah topik pada blog maupun web yang sedang dibahas.

Kata kunci yang disematkan pada teks di sekitar gambar dipastikan akan mampu mendorong Google untuk mengindex situs Anda. Sebagai tambahan pula, penambahan caption atau deskripsi yang biasanya berada bawah gambar bisa juga membantu serta termasuk dalam teknik SEO gambar.

Gambar Sebaiknya Diletakan Pada Awal Postingan

Peletakan gambar diatas artikel menjadi teknik SEO gambar yang cukup efektif. Mengapa? Selain pengunjung akan melihat dahulu gambar sebelum tulisan, teknik ini juga memungkinkan spider bot maupun robot bot mengindex gambar sebelum mengindex tulisan artikel. Meski ini hanya sebagai tambahan, namun untuk yang lain adalah teknik paling utama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *