Ini 4 Penyebab Trafik Blog Menurun Drastis

Trafik blog Anda menurun drastis? Tidak tahu penyebabnya? Pada artikel ini kita akan membahas beberapa penyebab blog yang kita bangun mengalami penurunan trafik secara drastis. Terkadang penyebab tersebut merupakan hal sepele.

Akhir-akhir ini mulai banyak blogger baru yang berdatangan untuk memulai bisnis mereka. Banyak pula keluhan dari blogger tersebut yang menanyakan apa penyebab blog mereka dalam waktu singkat trafik yang tinggi menjadi anjlok tanpa ada tanda-tandanya. Apabila blog trafiknya naik turun selisih 10 s.d 40 hal tersebut bukanlah suatu masalah, apabila telah melebihi 40, perlu ditelusuri  penyebabnya.

Jika Anda mengalami hal tersebut cepatlah untuk mengecek kondisi dari komponen blog Anda. Agar blog tidak terlalu lama terjerumus dengan trafik yang minim.

Berbagai Penyebab Trafik Blog Turun

1. Keyword Musiman

Hal pertama yang umumnya menjadi penyebab trafik blog yang dibangun turun drastis adalah pemilihan niche dan keyword musiman. Musiman berarti kita memilih keyword yang hanya populer pada jangka waktu tertentu, apabila telah habis jangka waktunya maka akan sedikit sekali orang yang mencari mengenai hal tersebut.

Blog yang disebut musiman, seperti blog berita, blog khusus piala dunia. Apabila Anda mengelola blog berita, maka berita harus selalu diupdate agar trafik blog tetap stabil. Contoh lain dari keyword musiman, seperti piala dunia, kisruh politik, selebriti, dll.

Nah, bagi yang bermasalah pada trafik blognya cobalah untuk memeriksa apakah blog Anda menggunakan keyword musiman atau tidak.

2. Persaingan Meningkat

Dimana ada gula, disana ada semut. Blog yang akhir – akhir ini bisa menghidupi keluarga menjadi daya tarik bagi masyarakat. Banyak dari mereka yang memulai dengan mengelola suatu blog bisnis. Jika telah banyak orang yang terjun pada dunia blogging tentu persaingan akan semakin ketat dan meningkat. Nah, yang dulunya posisi artikel ada di puncak mesin pencari, bisa saja merosot karena persaingan yang begitu ketat. Apabila artikel telah merosot tentunya trafik juga akan berdampak menurun.

Bisa saja artikel yang biasanya menjadi ujung tombak trafik, tiba – tiba menurun dari posisi puncak, hal ini akan berpengaruh besar terhadap blog yang Anda miliki. Solusinya adalah rutinkanlah mengecek posisi dari artikel blog, serta lakukanlah link building yang benar dan berkualitas.

3. Kualitas Konten

Netizens menggunakan mesin pencari untuk apa ?, ya tepatnya untuk mencari suatu informasi. Kita sebagai penyedia informasi harus memberikan hal yang terjamin dan berkualitas. Kualitas dari artikel blog tidak bisa dianggap remeh. Pada saat ini mesin pencari lebih berfokus menilai kualitas suatu konten atau artikel blog. Kualitas konten atau artikel yang sangat baiklah yang akan ditanam pada top ten halaman pertama.

Mulailah untuk memperbaiki kualitas dari konten pada blog Anda. Serta, jangan pernah melakukan copy paste. Untuk jumlah kata artikel disarankan tidak kurang dari 400 kata.

4. Over Optimize

Over optimize merupakan teknik optimasi baik itu dari segi SEO On Page, maupun SEO Off Page yang berlebihan. Kesalahan pada SEO On Page ada pada keyword yang bersifat spamming, sedangkan SEO Off Page bisa saja backlink berasal dari situs berauthority rendah atau penanaman backlink secara brutal. Hal seperti inilah yang akan membuat trafik blog menurun. Solusinya adalah dengan melakukan optimasi secara wajar dan terlihat natural.

Semoga artikel mengenai penyebab trafik blog menurun bermanfaat. Silahkan dibaca artikel lain agar ilmu Anda bertambah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *