Selematkan Berkas Di Perangkat Android Dengan Recycle Bin

Pernah melihat icon keranjang dengan tumpukan sampah didalamnya? Ya, icon tersebut lazim di temui pada komputer sistem operasi Windows baik XP, Vista, 7 maupun 8. Sekilas icon tersebut memang tidak dianggap penting atau mungkin Anda menganggap Microsoft hanya menyematkan icon tersebut sebagai pelengkap saja. Namun segera ubah pola pikir Anda karena icon tersebut adalah icon dari Recycle Bin. Perlu diketahui fungsinya bahwa Recycle bin merupakan tempat penyimpanan berkas-berkas sementara yang telah dihapus oleh pengguna dari komputer.

Berkas tersebut bisa beripa folder maupun berkas satuan yang telah dihapus dari file managernya. Anda mengira bahwa dalam proses delete file,  maka file tersebut hilang selamanya. Padahal belum tentu berkas itu hilang permanen dari physical media karena adanya fitur Recycle Bin. Alhasil fitur ini sebenarnya memungkinkan Anda untuk dapat mengembalikan kembali file yang terhapus pada lokasi semula.

Yang pasti Recycle Bin sudah dimanfaatkan dengan baik pada komputer Windows. Namun saat ini Anda juga bisa menemukan fungsi Recycle Bin pada perangkat mobile, khususnya Android. Ada banyak sekali aplikasi-aplikasi Recycle Bin pada Google Play dengan nama-nama berbeda. Bagi yang memilikinya, segera unduh aplikasi Recycle Bin guna menyelamatkan berkas penting pada Android yang tidak sengaja terhapus oleh Anda. Berikut opsinya:

1. Android Recyle Bin

Aplikasi Recycle bin Android pertama yang bisa Anda pasang adalah Android Recycle bin dengan fungsi ajaib untuk menyimpan dan mengolah berkas agar suatau ketika terhapus dapat dikembalikan lebih cepat. Android Recycle bin ini merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh Hexamob, sanggup untuk menyimpan data yang dihapus dari perangkat Android serta memungkinkan penggunanya untuk melakukan restorasi saat dibutuhkan.

Android Recycle Bin juga tidak sekedar memiliki satu fungsi, namun ada sebuah fitur yang menjadi unggulannya. yakni fitur searching file lebih cepat, penyaringan berkas berdasarkan nama, bahkan Anda bisa menelusuri file berdasarkan dari tanggal penghapusan. Agar tidak membingungkan seluruh daftar dokumen juga bisa diurutkan berdasarkan nama , ukuran maupun jenis ekstensinya. Mudah bukan? Seluruh berkas akan sangat aman jika Anda menggunakan Android Recycle bin baik itu file gambar, video maupun file dengan ekstensi apapun.

Android Recycle Bin tersedia gratis pada Google Play: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.hexamob.androidrecyclebin

2. Dumpster Recycle Bin

Aplikasi kedua sebagai alternatif adalah Dumpster Recycle Bin. Fungsinya sudah pasti hampir sama dengan Android Recycle Bin diatas. Ya, aplikasi diklaim mampu mengembalikan atau restore berbagai macam berkas yang tidak sengaja Anda hapus. Alhasil Anda tidak perlu lagi melakukan back up data pada media penyimpanan lain karena meski terhapus Anda masih bisa mengembalikan berbagai jenis file seperti gambar, berkas musik, video dan sebagainya melalui Dumpster ini.

Fitur unik dari aplikasi ini adalah fitur preview foto maupun video sebelah dilakukan restore. Memungkinkan Anda bisa melihat lebih dahulu file yang akan dikembalikan dan tentunya Anda bisa memastikan apakah file tersebut yang dimaksud serta yang dibutuhkan. Ingat Dumpster dapat melakukan Auto-clean file backup pada periode tertentu sehingga jika ingin restore file tidak boleh terlalu lama. Apakah Anda tahu apa arti kata Dumpster? istilah ini sebenarnya berarti ‘kebebasan untuk membuat masalah’. Yang dimaksud adalah kesalahan dalam menghapus sebuah berkas yang tidak perlu dikhawatirkan karena adanya Dumpster Recycle Bin.

Dumpster Recycle Bin dapat diunduh gratis pada Google Play: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.baloota.dumpster

3. Recycle bin – Restore Apps

Opsi ketiga aplikasi Recycle Bin Android adalah Recycle Bin – Restore Apps. Fungsinya masih tetap sama yakni kemampuan mengembalikan berkas yang terhapus dari perangkat. Aplikasi ini berukuran cukup ringan dan memiliki antarmuka pengguna yang begitu sederhana serta mudah dipahami. Meski bisa menyimpan berkas yang sudah terhapus, kenyataannya seluruh aplikasi Recycle Bin sebenarnya juga mampu menghapus secara permanen file yang benra-benar tidak dibutuhkan.

Recycle Bin – Restore Apps tersedia gratis di Google Play: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.recycle.bin

Jadi jangan ragu memanfaatkan fitur canggih ini agar Anda tidak kehilangan file berharga, apalagi file yang berhubungan dengan pekerjaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *