Ternyata Toko Online Juga Harus Memposting Banyak Artikel, Ini Alasannya

toko-online-memposting-banyak-artikel

Tentu ada banyak pemilik toko online yang berpikir bahwa yang namanya toko online yan hanya berisi tentang penawaran barang dengan katalog dan menuliskan spesifikasi produk. Ya, sesudah itu mereka mengisi kontak dan memberikan rincian cara order barang. Sudah hanya itukah?

Saya harus mengatakan bahwa pemilik toko online juga harus bertindak seperti seorang blogger. Apa hubungannya? bukankah toko online hanya bertujuan untuk menjual produk bukan sebagai blogger yang menulis artikel. Jika Anda berpikir demikian berarti Anda belum mengetahui keuntungan menulis artikel pada sebuah toko online.

Disadari atau tidak penulisan artikel menarik yang relevan dengan produk yang Anda jual di toko online banyak membawa keuntungan. Itulah mengapa trik ini sudah banyak dimanfaatkan sebagian toko online. Berikut ini kami akan menuliskan beberapa keuntungan menulis artikel menarik pada toko online:

1. Toko Online Lebih Menarik

Dengan menuliskan artikel yang relevan membuat toko online Anda semakin menarik. Anda dianggap orang yang benar-benar memahami tentang suatu bidang yang berhubungan dengan produk yang dijual. Sebagai contoh ketika toko online Anda menjual perangkat fotografi maka Anda menuliskan artikel tentang tips memotret. Bukankah ini akan semakin membuat toko online Anda menarik? Baca juga artikel tentang cara membuat toko online yang baik.

2. Toko Online Terpercaya

Secara tidak langsung ternyata tulisan menarik yang Anda buat ternyata bisa menambah rasa percaya konsumen terhadap toko online Anda. Dipastikan toko online Anda memang menjadi ahli dan menjadi paling memahami tentang produk tersebut. Ingat, toko online penipu malas untuk membuat artikel menarik pada toko online. Bahkan saat menulis deskripsi mereka hanya melakukan copas maupun mengambil foto pada mesin pencari.

3. Memberikan Pemahaman Akan Produk

Dengan artikel yang relevan tentang pembahasan sebuah produk yang Anda jual maka konsumen akan diberikan pemahaman tentang itu. Ya, sebagai contoh ketika Anda menjual sepatu merek Doc Marten, mungkin Anda juga bisa menuliskan tentang ‘ciri-ciri sepatu Doc Marten palsu’ atau ‘cara mengetahui keaslian sepatu Doc Marten 8 hole’ atau mungkin ‘kelebihan sepatu Doc Marten asli’.

Artikel demikian dipastikan akan lebih bermanfaat untuk dibaca,  selain itu juga dapat mencerdaskan konsumen. Artikel demikian dapat Anda tulis saat Anda menjual produk asli Doc Marten. Jika yang Anda jual adalah produk KW dipastikan akan sama saja dengan ‘bunuh diri’.

4. Artikel Bisa Membuat Pembaca Tertarik Membeli

Yang paling penting atau keuntungan yang paling besar dari pembuatan artikel relevan adalah akan menggiring pembaca menjadi konsumen Anda. Dengan informasi berguna dari artikel tersebut kemudian melakukan penawaran memungkinkan orang akan tertarik dengan produk yang Anda jual.

Seperti yang telah dilakukan toko online obat herbal  dimana penjual menuliskan ‘cara mencegah diabetes’, dan salah satu isinya adalah dengan meminum obat herbal yang dijual. Trik ini lebih efektif ketimbang Anda harus men-direct informasi produk langsung kepada konsumen yang terkesan seperti memaksakan diri.

5. Semakin Banyak Pengunjung

Dengan artikel relevan, menarik dan informasi tentunya dapat mendongrak jumlah traffic menuju toko online Anda. Ya, dengan artikel tersebut Anda bisa memaksimalkan toko online dengan trik-trik SEO memanfaatkan kata kunci. Tentu semakin banyak konten yang dioptimisasikan dengan kata kunci untuk mesin pencari akan membuat halaman web berpeluang bersaing dipage rank atas.

Semakin banyak pengunjung tentu berdampak pada semakin banyaknya orang yang melihat produk Anda. Dan juga akan berpotensi menjadi pembeli produk. Mungkin bisa menjadi alternatif ketika konten katalog Anda kurang begitu mampu mendongkrak posisi pagerank, namun melalui konten artikel yang dibuat dapat menaikan posisi.

6. Menjadi Forum Tanya Jawab

Dengan artikel yang Anda tulis memungkinkan pembaca penasaran dan bertanya melalui fitur komentar. Jadi disinilah Anda bisa memanfaatkan kolom konten menjadi forum tanya jawab yang tentunya berhubungan dengan produk yang Anda jual.

Yang pasti Anda harus menuliskan artikel yang erat kaitannya dengan produk, artikel dengan bahasa baku, menarik dan memungkinkan mengarahkan pada penjualan. Bisa dikatakan penulisan artikel pada toko online merupakan strategi marketing tersembunyi.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *