Tips Memilih Laptop Untuk Keperluan Pekerjaan dan Bisnis

Tips-Memilih-Laptop

Beruntunglah jika Anda seorang pekerja kantoran atau pebisnis yang membutuhkan perangkat laptop, karena perkiraan harganya tidak semahal dibandingkan orang yang gemar bermain game. Ya, memang dijaman modern ini setiap pekerja kantoran maupun pebisnis sangat membutuhkan perangkat pembantu seperti laptop. Bisa untuk membuat rekap data, membuat grafik, membuat presentasi, menyimpan data-data, menyimpan gambar produk, atau bahkan untuk editing gambar maupun video bagi Anda seorang seniman grafis.

Dibandingkan komputer PC, laptop sangat menguntungkan karena bisa di operasikan dimana pun tanpa terhalang oleh rangkaian kabel. Jadi selain dikantor Anda juga bisa menggunakannya di rumah, restauran dan lain-lain.

Nah, ada banyak pertanyaan yang sering muncul, bagaimana cara memilih laptop untuk keperluan pekerjaan kantor atau berbisnis?  Berikut tips dan panduannya:

1. Cari Dengan Dimensi Sesuai

Laptop dengan ukuran besar sepertinya kurang cocok, tetapi jika memilih notebook sepertinya juga kurang mendukung fitur-fiturnya. Jadi pilihan terbaik adalah memilih laptop dengan ukuran tipis dan berbobot ringan. Ini akan memudahkan Anda membawanya dari satu tempat ke tempat lain.

Selain itu pilih pula laptop dengan ukuran layar yang cocok, mulai dari 14 inchi sampai 17 inchi dan dilengkapi dengan VGA canggih serta resolusi tinggi. Khusus untuk Anda yang bekerja sebagai desainer grafis akan lebih cocok dengan layar 17” serta yang telah didukung CPU terbaru dan VGA mumpuni agar proses pengolahan grafisnya tidak terganggu dengan proses pemuatan maupun render yang mungkin lama.

2. Lebih Mudah Terkoneksi

Ini adalah laptop untuk berbisnis, jadi koneksi nirkabel di mana-mana menjadi prioritas utama dan sangat penting. Dengan cara inilah Anda bisa terakses ke informasi internet yang berharga dan real-time setiap waktu. Jadi pastikan laptop yang Anda pilih sudah support Wi-Fi built-in. Akan lebih baik jika perangkat tersebut juga mendukung dual-band Wi-Fi (2.4GHz dan 5GHz) untuk fleksibilitas. Selain itu untuk akses internet lain bisa memanfaatkan mobile broadband atau 3G/4G modem nirkabel.

3. Kekuatan Dapur Pacu yang Memadai

Saat ini prosesor dual-core dari Intel Core i series maupun AMD E-series serta A series-APUS, menjadi prosesor yang paling direkomendasikan untuk keperluan pekerjaan kantoran atau bisnis. Selain itu kapasitas RAM besar juga sangat diperlukan untuk mendukung proses pemuatan aplikasi yang berat serta untuk mendukung pemuatan banyak aplikasi atau sering disebut multitasking.

Minimal adalah 4 GB atau untuk lebih baiknya adalah 8 GB untuk utamanya perancang grafis. Apalagi bagi Anda yang terbiasa membuka puluhan tab pada web browser atau puluhan windows.

4. Laptop Memiliki Fitur Optical Drive

Banyak yang tidak peduli akan fitur optical drive, padahal fitur ini sangat penting untuk melakukan pemindahan data maupun aktivitas lainnya. Atau bahkan sesekali Anda harus burning disk yang berisi salinan proyek atau file untuk diberikan kepada mitra kerja.

Saat ini untuk laptop kelas menengah kebawah banyak yang memiliki fitur ini, terutama untuk membaca CD dan DVD. Sedangkan untuk pembacaan Blu-ray disc sepertinya belum terlalu penting kecuali Anda ingin menonton film dengan kualitas tinggi.

5. Grafis Tinggi Menjadi Relatif

Untuk keperluan pekerjaan kantoran atau bisnis biasa, sepertinya Anda tidak membutuhkan laptop dengan powered grafis tinggi. Hal ini mengingat Anda tidak memanfaatkan perangkat untuk bermain game 3D.

Berbeda dengan kalangan seniman grafis yang wajib didukung dengan grafis bagus untuk melakukan tugas-tugas khusus seperti akselerasi GPU pada program Adobe Photoshop, membuat atau memproses video high definition seperti pada Adobe Premiere, maupun visualisasi grafis 3D yang mungkin digunakan pada gambar arsitektur serta software CAD.

6. Power Baterai Tahan Lama

Dengan tingginya spesifikasi dapur pacu berimbas pada baterai yang lebih terkuras habis. Alhasil Anda harus merogoh kocek yang lebih dalam untuk membeli laptop yang mampu dengan cepat men-load program, melakukan multitasking namun tetap memiliki daya tahan baterai lama. Ada opsi laptop yang memiliki baterai 6 cell sampai 9 cell serta power tambahan agar bisa bertahan hingga setengah hari penuh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *