Untung & Rugi Bekerjasama Membangun Usaha dengan Orang Lain

Sebuah usaha atau bisnis sebenarnya adalah pekerjaan yang sederhana saja. Anda menggelontorkan modal untuk menyediakan produk dan kemudian menjualnya kembali. Atau mungkin Anda mengeluarkan dana untuk membeli perangkat dan kemudian memberikan jasa bagi orang lain.

Kebanyakan sebuah usaha dimiliki satu orang, satu keluarga dan bisa juga dimiliki oleh dua orang atau lebih. Untuk bisnis yang dimiliki perorangan tentu hanya dikuasai oleh satu orang saja, biasa disebut owner, leader atau bos. Selain itu banyak pula sebuah usaha atau bisnis yang dimiliki oleh dua orang atau lebih. Biasanya mereka bekerja sama menggabungkan modal untuk membuka sebuah unit usaha baik dagang atau jasa.

Lalu apa perbedaannya membangun bisnis sendiri dengan membangun bersama dengan orang lain? Apakah banyak keuntungannya? Kemudian apa kerugiannya? Berikut kami mencoba mengulas selengkapnya bagi Anda:

Keuntungan Membangun Usaha dengan Orang Lain

1. Modal cepat terpenuhi

Keuntungan pertama yang akan Anda dapatkan saat membangun usaha dengan orang lain adalah cepatnya modal terpenuhi. Sebagai contoh Anda ingin membuka café, total perhitungan modal yang dibutuhkan mencapai 15 juta, sedangkan Anda hanya memiliki dana 8 juta.

Dengan bergabungnya orang lain membangun usaha café ini Anda akan mendapat tambahan sisa dari kekurangan modal. Kebanyakan usaha yang dibangun dua orang atau lebih biasanya karena alasan ini. Anda tidak perlu lagi meminjam dana dari bank atau menjual aset pribadi.

2. Dikerjakan bersama-sama

Dalam menjalankan usaha bersama dengan orang lain berarti Anda tidak akan bekerja sendirian. Rekan bisnis Anda akan ikut menjalankan usaha dengan Anda. Tentu hal ini memungkinkan Anda bisa hemat tenaga dan pikiran atau mungkin waktu.

Bayangkan bila Anda hanya sendirian mengelola sebuah toko, Anda harus stay dari pagi sampai malam untuk mengurus atau mengawasi karyawan. Jika ada rekan bisnis lain Anda mungkin hanya bekerja dari pagi sampai siang, kemudian dilanjutkan rekan Anda dari sore sampai malam.

3. Biaya operasional ditanggung bersama

Biaya operasional tentu selalu ada dan wajib ada dalam menjalankan bisnis atau usaha. Entah itu  membayar tagihan listrik, air, biaya gaji karyawan, modal ‘kulak’, dana kebersihan lingkungan dan lain sebagainya.

Ketika Anda menjalankan usaha bersama tentu Anda lebih ringan mengeluarkan biaya operasional tersebut. Dana operasional bakal ditanggung bersama-sama, alias tidak sendirian.

Kerugian Membangun Usaha Bersama Orang Lain

1. Keuntungan dibagi dua

Namanya juga membagun bersama, maka akhirnya Anda harus rela keuntungan dalam bisnis dibagi dua atau lebih jika memang bersama dengan lebih dari dua orang. Mungkin keuntungan bisa 50% – 50% atau mungkin lebih dari itu tergantung bagaimana kesepakatan awal.

Jadi pikir-pikirlah untuk mengajak orang lain membangun sebuah usaha atau bisnis baru jika Anda adalah tipikal orang yang ingin untung sendiri.

2. Kerja kurang setara

Dua orang berbeda tentu memiliki sifat yang berbeda-beda. Beruntunglah bila Anda memiliki rekan bisnis yang giat dan mau bekerja keras dalam membangun usaha. Celakalah bila ternyata rekan bisnis Anda ternyata pemalas, karena pada akhirnya sering terjadi dua orang tersebut memiliki kinerja kurang setara.

Bisa saja Anda bekerja lebih banyak sedangkan rekan Anda bekerja sedikit, sering keluar, sering bepergian atau melakukan hal yang merugikan bisnis. Kadang-kadang hal semacam inilah yang bisa membuat Anda dan rekan bisnis menjadi seteru karena saling ketidakpuasan.

3. Berbeda pendapat

Hal lain yang membuat bisnis bersama orang lain terasa kurang mengenakan adalah munculnya perbedaan pendapat. Biasanya untuk ide-ide dan gagasan dalam bisnis dipikirkan bersama, dan perbedaan pendapat adalah hal lumrah dan lazim terjadi.

Tetapi yang berbahaya ketika kedua  belah pihak sama –sama egois. Contohnya adalah satu pihak menganggap pendapat yang lain tidak perlu dipertimbangkan dan menganggap pendapat sendiri lebih baik. Perselisihan memang kerap terjadi pada dua orang yang membangun bisnis bersama-sama.

Selain pembahasan diatas, tentunya masih banyak keuntungan dan kerugian dalam membangun bisnis bersama-sama. Kuncinya, apakah Anda siap untuk bekerja sama dengan orang lain? Terutama soal kesiapan mental.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *