5 Ciri Nama Domain Blog Yang Baik dan Layak Untuk Anda Pilih

Ciri-Nama-Domain-Blog-Yang-BaikSebuah blog pasti memilki sebuah domain. Domain adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi alamat (IP address) server komputer seperti web server atau email server di jaringan komputer ataupun internet. Domain pada sebuah blog memiliki peran yang sangat penting bagi perjalanannya menuju sukses. Saya sendiri mengibaratkan domain ini sebagai sebuah lokasi kios yang strategis dalam sebuah pasar. Karena kios Anda memiliki lokasi strategis,maka sangat besar kemungkinan pembeli akan berdatangan kepada Anda. Maka sebuah blog yang memiliki domain yang baik, blog tersebut akan berpeluang besar dikunjungi banyak visitor.

Karena domain memiliki peran yang sangat penting, maka saat Anda akan memilih nama domain untuk blog, Anda tak bisa sembarangan. Anda perlu memahami beberapa ciri atau kriteria yang baik untuk nama domain blog Anda. Lalu, apa saja ciri-ciri dan kriteria nama domain blog yang baik dan layak Anda gunakan tersebut? Berikut ulasannya.

Memiliki Nama yang Pendek

Semakin pendek nama domain blog maka itu akan semakin baik untuk Anda. Usahakan nama domain blog tidak lebih dari 3 kata. Beberapa blogger top dunia menyatakan bahwa nama domain akan menentukan harga blog tersebut. Contoh nama domain seperti Quotes.com akan berharga lebih mahal daripada nama domain ProQuotes.com. Sedangkan nama Proquotes.com akan berharga lebih mahal dari nama domain ProQuotesNow.com dan seterusnya. Maka dari itu langkah pertama untuk membuat blog Anda sukses dalam pemilihan domain adalah pilihlah nama sesingkat mungkin yang Anda bisa.

Mudah Diingat dan Dieja

Blog dengan nama yang mudah dieja akan memilki kemungkinan besar untuk lebih mudah diingat dibanding blog dengan nama domain yang memiliki ejaan yang sulit. Ingat juga sebuah fakta bahwa sebagian besar visitor datang ke blog dengan cara mengetikkan nama blog yang diingat bukan dari hasil bookmarks. Maka dari itu Anda sebagai blogger haruslah memahami hal ini dan cobalah membuat blog dengan nama domain yang mudah dieja dan mudah diingat. Dengan memiliki nama domain blog yang mudah diingat dan mudah dieja, maka peluang Anda mendapatkan visitor juga akan akan semakin besar.

Memiliki Ekstensi .com

Sebuah blog pasti memilki sebuah ekstensi yang mengakhiri nama sebuah domain. Ekstensi blog sendiri memiliki banyak nama seperti .co.id, .com, .org, .id, .blogspot.com, atau .wordpress.com. Tentu tidak semua ekstensi memiliki fungsi dan peranan yang sama. Meskipun nama domain tersebut memiliki keunggulannya sendiri-sendiri, namun ada satu ekstensi yang dinilai paling baik dan layak untuk diterapkan pada sebuah blog yaitu .com (dot com). Beberapa blogger dan pengamat dunia blogging menyatakan bahwa ekstensi .com merupakan ekstensi yang paling baik dan banyak digunakan serta terkesan profesional.

Deskriptif

Ciri nama domain yang baik dan layak dipilih berikutnya adalah desktiptif. Ya, sebuah nama harus mampu memberika gambaran yang jelas terhadap isi dan konten blog tersebut. Semakin jelas gambaran yang diberikan oleh nama domain, maka aka semakin baik dan besar pula kesempatan Anda mendapatkan visitor yang banyak. Nama blog mrqe.com dengan thebestmoviereview.com adalah contoh perbandingan nama domain yang deskriptif dan tidak. Jika Anda netizen yang ingin mengetahui ulasan atau review sebuah film dan Anda menemukan dua website tersebut di mesin pencati, mana yang akan Anda pilih? Tentunya nama domain thebestmoviereview.com akan berpeluang besar akan dipilih dan dikunjungi.

Tidak Memilki Kata Sambung dan Nomor

Terakhir, nama domain yang baik dan layak Anda pilih untuk blog Anda adalah nama domain yang tidak mempunyai kata sambung dan nomor. Domain yang memiliki kata sambung dan nomor memiliki menurut para blogger dunia memiliki dua kelemahan dasar yaitu netizen yang akan sering lupa mengetikan kata sambung dan netizen yang kebingungan dengan nomor yang ditulis dengan angka atau huruf. Jika netizen sudah lupa dengan kata sambung atau salah mengetikkan nomor dengan huruf, maka meraka yang pasti akan salah alamat dan Anda pun akan kehilangan visitor.

One thought on “5 Ciri Nama Domain Blog Yang Baik dan Layak Untuk Anda Pilih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *