6 Ciri Website Atau Blog Yang Aktif Dan Terurus, Bagaimana Blog Mu?

Apa sih tujuan Anda membuat situs website dan blog? Beberapa orang beralasan karena ingin berbagi informasi dan cerita, kemudian ada beberapa orang lagi yang beralasan karena termotivasi oleh uang sampai ada alasan lain. Namun entah motivasinya sudah hilang atau karena terlalu sibuk dengan aktivitas sehari-hari sehingga ada banyak sekali halaman web dan blog yang akhirnya tidak terurus.

Padahal mungkin halaman tersebut memiliki domain bagus, kontennya sudah banyak yang masuk page rank terbaik di Google dan usia domain yang cukup lama. Anda tentu mengetahui bahwa semakin lama usia domain membuat halaman tersebut lebih cepat terindex oleh mesin pencari Google. Inilah yang membuat banyak bermunculan bisnis jual beli ‘blog zombie’ yakni blog yang sudah terhapus namun di daftarkan kembali. Alasannya karena blog lama cepat terindex, memiliki backlink atau visitor.

Jadi pastikan Anda tidak termasuk orang-orang yang kurang aktif dalam mengurus website atau blog. Lalu sebenarnya bagaimana ciri-ciri sebuah website atau blog yang aktif dan terurus? Berikut kami akan mencoba berikan opini tentang halaman yang aktif, agar bisa menjadi referensi bagi Anda:

  1. Update konten dalam beberapa waktu sekali

Salah satu yang menjadi ciri utama halaman web dan blog yang tidak aktif adalah ketiadaan konten baru yang diposting. Pengunjung pastinya tidak akan menemukan artikel baru, padahal mungkin mereka sudah menunggu-nunggu. Bagi memberikan saran kepada Anda untuk memposting minimal 1 artikel dalam waktu 1 minggu jika benar-benar terlalu sibuk.

Dua minggu sampai sebulan adalah waktu yang terlalu lama dan beresiko ditinggalkan oleh visitor pelanggan. Untuk idealnya adalah 1 artikel dalam 1 sampai 2 hari atau bahkan beberapa artikel dalam satu hari akan lebih baik. Pengunjung akan lebih terpuaskan karena banyak pilihan konten yang bisa dibuka.

2. Komentar selalu direspon

Ciri kedua untuk website atau blog yang aktif adalah komentar yang selalu direspon. Ya seorang owner situs aktif akan sering memantau dan membuka notifikasi adanya komentar dari para pengunjung. Ia rajin membalas komentar satu per satu sebagai tanda bahwa ia serius mengelola website.

Untuk halaman yang sudah jarang aktif dipastikan akan lama memposting balasan komentar, atau bahkan sama sekali tidak akan memposting komentar balasan. Pengunjung kecewa? Sudah jelas karena mereka akan berpikir komentarnya tidak dianggap.

3. Sering merubah desain

Sebenarnya untuk hal ini menjadi relatif karena tidak semua blogger atau pemilik website suka merubah desain halamannya. Tetapi dengan beberapa kali terlihat perubahan seperti banner, template atau posisi menu menandakan bahwa sang pemilik sangat aktif dalam mengelola halamannya.

Jangan menyepelekan dengan perubahan desain karena dianggap sebagai penyegaran baru, dimana pengunjung tidak akan merasa bosan dengan desain yang sudah lama terlihat itu-itu saja.

4. Backlink terus bertambah

Backlink adalah hal yang cukup penting untuk mempopulerkan atau menambah banyak visitor. Ya, dengan menyematkan link halaman kita pada halaman web lain akan memungkinkan web atau blog kita lebih banyak pengunjung. Seorang owner web dan blog aktif tentunya akan terus menambah backlink, sebanyak-banyaknya.

Jumlah backlink sepertinya memang sudah menjadi indikator sebuah popularitas atau seberapa pentingnya sebuah website atau halaman. Jika sebuah halaman tidak aktif, untuk apa jumlah backlink ditambah? Atau sama saja, menulis konten saja malas untuk apa mempopulerkan blog? Sebuah hal yang percuma.

5. Visitor terus bertambah

Apakah penambahan visitor menjadi indikasi halaman web atau blog tersebut aktif? Bisa saja, karena semakin banyak konten yang diposting dan backlink yang ditambah membuat halaman tersebut sering muncul di mesin pencari. Khususnya bagi sebuah halaman web yang menggunakan trik SEO. Memang para pengunjung tidak bisa memantau penambahan visitor, terkecuali bila halaman tersebut terpasangi widget visitor.

6. Cepat tanggap jika ada kesalahan

Seorang pemilik web dan blog aktif akan lebih cepat tanggap bila terjadi kejanggalan. Sebagai contoh ada kesalahan penulisan, dimana mereka akan terus memperbaikinya. Atau ada hal lain seperti server down maupun permasalahan yang bisa cepat terselesaikan. Jika kurang aktif, maka ada kesalahan pun tidak akan diperbaiki lebih cepat. Inilah pentingnya seorang owner web untuk selalu memantau konten-konten yang sudah dipostingkan.

One thought on “6 Ciri Website Atau Blog Yang Aktif Dan Terurus, Bagaimana Blog Mu?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.