6 Tips Belanja Hemat di Tokopedia Selama Ramadan

Selama bulan Ramadan, kebiasaan belanja masyarakat Indonesia mengalami perubahan yang cukup besar. Agar tidak boros, maka perlu disiasati sejak awal agar pengeluaran tepat sasaran. Berikut ini adalah beberapa tips belanja online hemat keperluan bulan Ramadan di Tokopedia atau marketplace lainnya:

1. Bandingkan Harga di Beberapa Penjual

Di Tokopedia ada banyak sekali penjual yang menawarkan barang yang sama. Nah, agar kamu mendapatkan barang yang diinginkan dengan harga terbaik, maka kamu harus membandingkan harga barang tersebut di beberapa penjual.

2. Pilih Produk Berkualitas

Barang berkualitas bukan berarti barang yang branded. Ada banyak kog barang-barang produk lokal dengan harga terjangkau tapi punya kualitas yang tidak kalah dengan yang bermerek.

Di Tokopedia terdapat banyak produk hasil kreasi lokal yang dapat kamu bbeli. Menghemat pengeluaran bisa dilakukan dengan membeli barang bagus dengan harga yang lebih terjangkau.

3. Pilih Cara Pembayaran yang Mudah

Kelebihan belanja online adalah metode pembayaran yang sangat beragam dan mudah. Beberapa metode pembayaran di Tokopedia diantaranya Saldo Tokopedia, transfer bank, kartu kredit, bahkan pembayaran melalui minimarket.

Pilihlah metode pembayaran yang menurut kamu paling mudah dan cepat sesuai dengan kondisi kamu. Jika memang pembayaran melalui minimarket dianggap lebih mudah dan aman, maka kamu gunakan saja opsi itu.

4. Gunakan Layanan Delivery yang Efisien

Selain metode pembayaran yang beragam, Tokopedia juga menawarkan beberapa cara pengiriman barang. Diantaranya adalah melalui kurir konvensional (JNE, TIKI, dan lainnya), dan menggunakan jasa transportasi online (misalnya Gojek).

Nah, Jika lokasi penjual dan lokasi tempat tinggal mu masih satu kota maka akan lebih cepat jika mengugnakan jasa transportasi online. Namun, tentu saja kamu juga perlu mempertimbangkan biaya pengiriman. Sesuaikan dengan budget yang kamu miliki.

5. Pilih Penjual yang Terdekat

Selain harga, proses pengiriman yang cepat adalah faktor yang menentukan keputusan para pembeli dalam memilih penjual. Dengan memilih penjual yang lokasinya dekat dengan tempat tinggal pembeli maka proses pengiriman akan lebih cepat, dan tentu saja biaya pengiriman barang juga lebih murah.

6. Manfaatkan Diskon dan Promosi

Di bulan-bulan tertentu para penjual di Tokopedia menawarkan diskon dan promosi untuk meningkatkan penjualan mereka. Nah, ini sebuah keuntungan buat kamu yang berbelanja di Tokopedia. Gunakan kopun diskon dan paket promo untuk menghemat pengeluaran.

Nah, di atas tadi adalah beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk belanja hemat selama bulan Ramadan. Semoga Ramadan kali ini membawa berkah bagi para penjual dan pembeli.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.