Ajang Lomba Mewarnai, Anda Mendapat Laba Anak-Anak Gembira

Kreativitas akhirnya membawa Anda pada sebuah keuntungan, utamanya adalah keuntungan materi yang didapat. Ya, bisnis tidak melulu soal jual beli, menawarkan jasa atau sebagainya. Pernahkah Anda membayangkan bahwa event untuk anak-anak yang sering dianggap sepele ternyata bisa mendatangkan keuntungan besar?

Salah satunya adalah event ajang lomba mewarnai bagi anak-anak baik balita maupun untuk anak Sekolah Dasar dengan perkiraan batasan usia dari 3-8 tahun. Pekerjaan yang Anda lakukan bisa dianggap gampang-gampang susah, namun yang pasti harus ada berbagai strategi dan trik agar acara sukses. Berikut ini kami akan mencoba memberikan gambaran mengenai bisnis dari kegiatan lomba mewarnai untuk anak-anak:

1. Tidak Harus EO

Untuk menyelenggarakan kegiatan Anda tidak harus membentuk sebuah perusahaan Event Organizer. Cukup membentuk sebuah tim yang terdiri dari beberapa orang dengan posisi masing-masing, sebagai contoh adalah seksi pemasaran, humas, kreatif, dan sebagainya.

2. Bekerja Sama Dengan Sponsor

Penting jika Anda belum memiliki modal cukup untuk menyelenggarakan event ini. Sponsor adalah solusi, karena merekalah yang bisa diandalkan untuk memberikan suntikan dana segar agar kegiatan terlaksana dengan lancar. Biasanya kerja sama bisa berupa penempatan spanduk/banner dari sponsor pada area sekitar kegiatan maupun pada pamflet/selebaran.

3. Tempat Penyelenggaraan Mendukung

Jika Anda memiliki link, cobalah untuk bekerja sama dengan resto, swalayan, atau tempat-tempat milik instansi pemerintah seperti balai desa maupun pendopo. Biasanya untuk kerja sama penyelenggaraan di public area Anda tidak perlu mengeluarkan biaya sewa. Sebagai contoh jika penyelenggaraan di sebuah resto, maka yang diuntungkan juga resto itu sendiri karena dimungkinkan ada banyak yang order. Selain itu resto tersebut juga akan mendapatkan predikat sebagai resto yang ramah bagi anak-anak. Sama-sama saling menguntungkan bukan?

4. Sediakan Kertas Gambar

Tidak seperti kegiatan lainnya, event lomba mewarnai untuk anak-anak hanya membutuhkan pembelian barang yang murah sekali. Anda hanya perlu menyediakan sejumlah kertas dengan gambar tanpa warna. Jika kesulitan mendapatkannya, seribu gambar pun bisa Anda download pada Google. Ambilah contoh gambar pemandangan alam, gambar binatang maupun gambar kartun. Yang pasti Anda harus menggunakan gambar yang positif dan mendidik. Sepertinya gambar cukup dicetak dengan kertas ukuran A4, dan Anda tidak perlu mengkhawatirkan biaya print.

5. Tema Lomba

Pastikan Anda tidak menjadi penyelenggara yang hanya terkesan ingin meraih keuntungan semata. Cobalah untuk lebih kreatif dengan memberikan tema perlombaan, seperti tema go green agar anak-anak peduli dengan lingkungan, tema lalu lintas agar anak patuh pada peraturan di jalan, atau mungkin tema hari ibu agar semakin terjalin baik hubungan anak dengan ibu. Pastinya dengan penggunaan tema ini gambar yang akan diwarnai harus di sesuaikan. Dipastikan dengan penggunaan tema ini, dari tukang ojek, petani, polisi lurah sampai presiden akan mendukung kegiatan yang Anda selenggarakan ini.

6. Tambahan Hiburan Lain

Tentunya jika anak-anak hanya sekedar datang, diberikan kertas dan mewarnai, kurang begitu menarik atau terkesan monoton. Penambahan hiburan lain di tengah-tengah kegiatan sepertinya akan lebih menarik. Sebagai contoh adalah seperti penyuluhan dan sosialisasi tema. Sebagai contoh adalah sosialisasi bagaimana menjaga lingkungan sekitar. Pastinya Anda tahu sendiri bahwa melakukan sosialisasi terhadap anak-anak pembawaannya berbeda dengan saat Anda berbicara dengan orang dewasa. Biasanya menggunakan humor, drama lucu namun tetap mengarah pada tema utama serta dengan penyampaian nasehat.

7. Hadiah Untuk Juara

Seperti biasa Anda hanya perlu memberikan hadia bagi peserta dengan karya bagus. Pemberian hadian untuk juara 1,2,3 dan juara harapan 1,2,3 sudah ideal. Berikan hadiah yang menarik bagi anak-anak, seperti meja belajar, tas sekolah, dan lain sebagainya.

Dari Mana Laba Berasal?

Jika pertanyaan itu yang masih ada dibenak Anda, jawabannya sederhana. Keuntungan dana berasal dari peserta yang mendaftar dan mengikuti kegiatan. Anda bisa membuka registrasi dengan biaya sebesar Rp 10.000 maupun berapa pun sesuai yang dikehendaki asalkan masih dalam batas kewajaran. Fasilitas yang akan didapat adalah beberapa lembar kertas bergambar yang harus diwarnai. Atau jika registrasi dengan biaya besar Anda bisa menambahkan dengan fasilitan lain seperti alat mewarnai, atau sekedar makanan ringan. Cobalah untuk membuat perkiraan, dengan modal untuk print kertas Rp 500 per lembar, jika pesertanya mencapai 50 anak, maka 10000 x 50 adalah 5.000.00. Bayangkan jika peserta lebih banyak lagi, maka keuntungan juga lebih besar.

Lebih mudah penyelenggaraan event lomba mewarnai ketimbang event musik, karena Anda tidak memerlukan pengamanan khusus, ijin kepolisian atau perijinan lain yang rumit. Ide bisnis yang cukup menarik dan masih jarang. Mungkin Anda harus bekerja sama dengan instansi sekolah seperti SD, TK dan PAUD untuk sosialisasi kegiatan ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.