Apa Itu Google Trends, Fitur untuk Mengetahui Apa yang Sedang Populer

Apa Itu Google Trends

Apa Itu Google Trends

Mencari informasi apa itu Google trends? Baca dulu sejarah singkatnya ya. Google itu identik dengan Chrome, Google Search atau mungkin Google Translate. Mungkin Anda belum pernah mendengar apalagi mengetahui tentang Google Trends. Pastinya ini termasuk salah satu layanan gratis dari Google berupa pemuatan berbagai informasi yang sedang populer alias ‘booming’ di hari ini.

Anda dapat mengunjungi Google Trends pada alamat link resmi https://www.google.com/trends/ . Nah, yang menjadi pertanyaan pastinya adalah apa guna dari Google Trends? Manfaat apa yang bisa kita peroleh dari halaman ini karena sekarang juga sudah banyak situs portal yang lebih lengkap dan lebih bagus tampilannya. Mengapa harus Google Trends?

Berikut ini kami akan mencoba untuk mengulas lebih dalam tentang Google Trends beserta manfaatnya, khususnya bagi para blogger:

Pengertian Google Trends

Jadi, Apa Itu Google Trends? Menurut situs Wikipedia sendiri, Google Trends adalah halaman yang menampilkan grafik statistik pencarian Web dimana seluruh konten yang dimuat adalah konten yang sedang menanjak dalam hal popularitas pada kurun waktu tertentu.

Sederhananya, Google Trends memberikan data dan informasi apa saja yang sedang gencar dibicarakan masyarakat luas. Seperti halnya pada Twitter yang memiliki trending topic, maka Google memiliki Google Trends. Seperti halnya Trending Topic Twitter, pada Google Trends Anda juga bisa mengatur kepopuleran informasi atau data berdasarkan wilayah negara.

Jadi bukan berarti Google dari Amerika Serikat kemudian informasi keseluruhannya dari sana, karena Anda bisa mensetting Google Trends Indonesia.

Tampilan Google Trends

Jika dilihat dari halaman antarmuka-nya, Google Trends benar-benar amat sangat sederhana. Tidak ada desain yang rumit karena Google mengupayakan situsnya untuk mudah diakses. Pada bagian atas Anda akan melihat data “Sedang Tren”, yakni kumpulan data yang merupakan pencarian populer hari ini.

Dibagian tengah kemudian ada “Tokoh” yang sedang populer menurut Google. Jika setting Google Trends Anda adalah negara Indonesia maka akan tertulis “Tokoh Indonesia”.

Kemudian data lain adalah Video Youtube Trend dan juga lagu Tren. Data Trend yang ada dalam Google Trends tentu saja berdasarkan jumlah hasil pencarian bukan berdasarkan perhitungan lain.

Manfaat Google Trends Bagi Blogger

Anda seorang blogger? Wajib untuk sering-sering mengunjungi Google Trends dan memantaunya. Mengapa? Ya, dengan adanya informasi topik populer semacam ini sudah tentu bisa dimanfaatkan untuk mencari trafik yang benar-benar efektif.

Di sini Anda dapat membuat sebuah konten baru yang mengacu pada trend yang sedang hot di internet. Cobalah untuk menggunakan data Google Trends sebagai bahan posting blog Anda, khususnya untuk blog yang memang telah established serta didukung dengan link popularity.

Lebih lanjut lagi, melalui Google Trends Anda dapat mencari tahu seberapa banyak orang yang sedang mencari sebuah kata kunci. Kemudian bisa juga Anda mengetahui dari mana asal orang yang mencari menggunakan kata kunci yang dimaksud.

Google Trends dipastikan menjadi sumber referensi bahan artikel para blogger, karena otomatis dengan memilih topik sesuai Google Trends maka Anda dipastikan sudah membuat topik populer. Toh, nantinya Anda juga bakal menggunakan Google Search sebagai fasilitas mencari traffic.

Yang perlu diperhatikan dalam pembuatan konten berdasarkan Google Trends adalah ketatnya persaingan kata kunci yang akan dialami. Tentu saja ada jutaan blogger yang memanfaatkan Google Trends sebagai bahan referensi. Anda cukup melakukan teknik pembuatan konten yang sesuai aturan, menggunakan optimisasi kata kunci tepat, bukan konten yang palsu, menuliskan konten yang SEO friendly dan sebagainya.

Google Trends Untuk Hiburan

Selain bisa dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan artikel terbaru, Google Trends juga bisa dijadikan referensi hiburan. Seperti yang sudah dijelaskan diatas, Google Trends memiliki data tentang video YouTube yang populer dan lagu populer.

Cocok bagi Anda yang memang suka update lagu-lagu terbaru yang sedang popuer atau video menarik apa yang sedang banyak dicari pengguna Google. Hanya saja, sampai artikel ini diturunkan hasil data video YouTube Trend masih belum tersedia pencaria dalam bahasa Indonesia.

Baca juga: 25 Cara Meningkatkan Trafik Blog

Jadi cukup banyak manfaat Google Trends yang bisa Anda ambil. Ini adalah fasilitas gratis yang memudahkan bukan? Demikianlah penjelasan singkat mengenai Apa Itu Google Trends dan apa manfaatnya bagi blogger. Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.