Bagaimana Cara Memilih Judul Artikel yang Menarik?

Memilih-Judul-Artikel-yang-Menarik

Seberapa pun banyak pengalaman Anda dalam menulis artikel, dan sepintar-pintarnya Anda dalam membuat konten menarik, apabila Anda tidak mampu mengolah kalimat judul artikel sama saja Anda membuat potensi artikel sedikit dibaca oleh orang lain. Jadi, disini Anda sudah bisa menebak bahwa untuk membuat potensi orang lain banyak mengakses atau membaca artikel maka salah satu caranya adalah dengan membuat judul artikel yang memiliki daya tarik.

Ya, disadari atau tidak ternyata sebuah judul artikel bisa memunculkan sebuah kekuatan untuk menjadi ‘magnet’ agar semakin banyak orang tertarik untuk melihat konten yang Anda buat. Bukankah trik memilih judul artikel menarik sudah dilancarkann oleh media-media sejak jaman dahulu? Kini saatnya Anda harus mulai berpikir bagaimana cara memilih judul artikel yang menarik dan berikut ini kami berikan tipsnya:

1. Buatlah judul unik

Unik mungkin agak berbeda tipis dengan ‘lebay’ atau berlebihan. Namun setidaknya Anda tidak perlu menggunakan kata-kata yang berlebihan. Sebagai contoh judul unik artikel penawaran bisnis online adalah ‘sedikit bekerja, banyak bicara namun tetap menghasilkan uang’. Atau mungkin bisa juga untuk tema lain seperti ‘8 langkah menarik jutaan pengunjung ke blog Anda’.

Judul ini dianggap menarik meski ada pula yang melihatnya seperti berlebihan, namun kontennya tetap sesuai atau relevan. Saat baru membaca judulnya saja , orang akan tertarik dan membukanya.

2. Susun kata lebih menarik

Penyusunan kata dilarang asal-asalan jika konten Anda ingin diakses banyak orang. Sebagai contoh dengan artikel berjudul ‘strategi SEO untuk blog’, maka sepertinya terbaca lebih monoton, kurang menarik dan biasa saja.

Namun cobalah Anda untuk menyusun judul lebih menarik dengan penambahan kata seperti ’10 strategi SEO untuk blog terpopuler tahun 2015’. Dengan angka 10 maka orang akan menebak bahwa Anda menulis sebanyak 10 strategi, dan dengan kata ‘terpopuler tahun 2015’ membuat orang penasaran apa sebenarnya strategi yang sedang popuer dan banyak digunakan.

3. Judul sesuai penglaman pribadi

Biasanya untuk artikel tutorial atau artikel yang membuat konten review bisa menggunakan judul yang menyatakan bahwa Anda sudah merasakan sendiri hal tertentu yang sedang dibahas. Sebagai contoh untuk artikel berjudul ‘Blog saya masuk page rank pertama berkat trik SEO ini’.

Dengan judul demikian sebenarnya membuat orang meyakini bahwa Anda sudah pernah melakuakn trik SEO tertentu dan merasakan perubahan atau keuntungannya. Atau dalam pembahasan lain dengan judul ‘Inilah cara saya menghilangkan jerawat dengan bahan natural’.

Sebuah judul yang menyatakan Anda sudah mengalami proses penghilangan jerawat dan menyatakan bahwa Anda benar-benar paham dengan masalah tersebut.  Trik judul demikian cukup ampuh menarik visitor.

4. Judul yang langsung meringkaskan isi konten

Terkadang hampir kebanyakn orang membuat judul yang agak bertele-tele. Meski tidak salah dan tetap berpotensi menarik banyak pengunjung, namun mengapa Anda tidak coba membuat judul artikel yang cukup meringkaskan isi konten atau pembahasan utama.

Salah satu contohnya adalah judul artikel ‘membuat loading blog cepat dengan menggunakan Auto Read More’. Judul semacam ini lebih meringkaskan isi konten ketimbang Anda menulis judul dengan kalimat ‘inilah cara membuat blog loading lebih cepat’. Judul demikian memang cukup vulgar dan bisa mengundang banyak pengunjung.

5. Judul dengan kalimat pertanyaan

Dalam berbagai blog ada banyak artikel yang membuat judul unik, yakni judul dengan kalimat pertanyaan. Menggunakan kalimat pertanyaan membuat orang akan penasaran dengan jawaban yang ada dalam isi artikel. Salah satu contohnya ‘apa yang membuat komputer mengalami bluescreen?’ atau ‘Mengapa blogspot lebih populer ketimbang wordpress?’.

6. Judul yang membandingkan dua hal atau lebih

Bukankah Anda juga sering penasaran dengan judul artikel yang menuliskan perbandingan dua hal atau lebih. Sebagai contoh ‘mengadu kualitas Canon 7D dengan Nikon D7000’. Dengan demikian orang akan penasaran dengan kelebihan dan kekurangan dari dua produk tersebut. Dan juga orang ingin mengetahui mana yang terbaik.

7. Pastikan judul relevan dengan isi

Sebuah kewajiban yang harus Anda penuhi adalah menyesuaikan judul dengan isi artikel. Jika Anda membuat judul yang berbeda dengan konten, maka Anda sudah layak disebut sebagai pembohong. Jangan buat pengunjung kecewa karena melihat pembahasan berbeda dengan judul.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.