Bandingkan Antara Google Dengan Bing, Mana yang Unggul?

Bandingkan-Antara-Google-Dengan-Bing

Berbicara internet, berarti Anda harus siap membicarakan Google. Ya, seolah-olah Google menjadi bagian yang sangat utama dalam dunia maya karena fasilitas dan fiturnya yang benar-benar berguna. Anda tidak perlu mencatat pada kertas alamat website secara lengkap hanya untuk mencari informasi yang diinginkan. Cukup menuliskan satu, dua atau tiga kata saja, kemudian klik Enter dan selanjutnya biarkan mesin pencari bekerja mencarikannya untuk Anda.

Yang menjadi pertanyaan, benarkah hanya Google yang bisa diandalkan dalam pencarian website? Sudah tentu bukan Google saja, Anda masih memiliki opsi menggunakan mesin pencari lain. Salah satunya adalah Bing.

Apa itu Bing dan bagaimana perbandingannya dengan Google? Mana yang terbaik dan mana yang memiliki fitur paling banyak? Artikel kali ini kami mencoba memberikan ulasan antara Google dan Bing untuk menjadi referensi serta pertimbangan.

Bing

Banyak yang belum mengetahui bahwa Bing sebenarnya adalah mesin pencari yang dimiliki oleh perusahaan Microsoft. Jadi jangan salah bila sejarah Bing erat kaitannya dengan layanan seperti Live Search, Windows Live Search, dan MSN Search. Bing dibuat menggunakan sebuah teknologi bernama PowerSet yang bisa membuat para pengguna memperoleh hasil pencarian yang lebih akurat dan maksimal.

Keunggulan Bing:

  • Gambar background: Cobalah mengakses Bing.com, maka Anda akan masuk ke dalam mesin pencari yang memiliki gambar Background. Tidak seperti Google yang polos, Bing memiliki gambar-gambar indah terutama Landscape.
  • Mencari gambar lebih detail: Mungkin ini menjadi kelebihan Bing yang patut dibanggakan. Pada pencarian gambar, bisa ditampilkan dengan bentuk thumbnail kemudian dapat diperbesar maupun diperkecil memanfaatkan fasilitas seperti Zoom, diantaranya Zoom small, Zoom medium, Zoom large, ditambah dengan fitur Show image details.
  • Mampu menjawab pertanyaan: Seperti bukan mesin, bayangkan saja Bing memiliki kemampuan dalam menginterpretasikan sebuah kalimat pertanyaan sampai kemampuan yang berhubungan dengan hal-hal berkaiatan dengan persoalan seperti pemecahan soal matematika maupun hitungan lain.
  • Filter yang fleksibel: Sistem filter pada mesin pencari Bing dapat Anda aktifkan dan  juga bisa non aktifkan. Jadi Anda bisa menghendaki pembukaan situs yang diblokir.
  • Keakuratan tertinggi: Dibandingkan Google dan Yahoo, Bing memiliki kemampuan pencarian informasi yang lebih akurat. Banyak yang merasakannya.
  • Akses cepat Video: Dengan kecepatan buffering yang telah diintegrasikan ke dalam direktori Bing Videos sehingga dapat memainkan video dalam waktu sekejap saja. Cukup dengan trik mengarahkan kursor menuju kotak player video yang diinginkan.

Google

Google menjadi perusahaan raksasa karena Google Search. Sudah ada miliaran orang yang menggunakan Google Search karena kemampuannya menampilkan hasil pencarian tepat, ditambah dengan banyak fitur serta opsi bahasa. Alhasil Google selalu menjadi nomor satu dibandingkan Yahoo dan Bing.

Keunggulan Google:

  • Jika Bing unggul dengan Wallpaper-nya,Google memang polos namun memiliki logo unik, berwarna-warni dan sering berganti. Tentu ini membuatnya lebih ramai.
  • Alat penelusuran lengkap: Kecanggihan Google terletak pada fasilitas alat penelusuran yang begitu lengkap. Anda bisa mencari dengan kata kunci yang di set sedemikian rupa baik bahasa, waktu, reputasi hasil. Jadi jika Anda ingin mencari website dengan kata kunci tertentu dan yang baru, maka Anda bisa menggunakan pengaturan waktu baik sembarang waktu, 1 jam terakhir, 24 jam terakhir, seminggu terakhir dan seterusnya.
  • Sering mengindex halaman: Sebagai mesin pencari populer, maka Google selalu melakukan pengindexan suatu halaman website dengan berkala dan sering. Jadi ketika Anda update web, Google dipastikan akan melakukan proses indexing web Anda. Inilah alasan mengapa pemilik web melakukan banyak trik dengan SEO agar halamannya terindex dan masuk page pertama di Google Search.
  • Cocok untuk orang Indonesia: Saat ini Google sudah mendukung terhadap pencarian berdasarkan lokasi dimana pengunjung berada (localized search). Jadi jika Anda berada di Indonesia, maka hasil utama pencarian diprioritaskan dari halaman web buatan orang Indonesia.
  • Pencarian lain: Google sudah lama memberikan layanan pencarian kata kunci untuk mencari file audio, gambar, peta, video, halaman khusus berita, dan instant search.

Dari perbandingan ini Anda sudah bisa menentukan mana mesin pencari yang cocok untuk Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.