Beberapa Istilah Dalam SEO yang Penting Untuk Diketahui

Istilah-Dalam-SEO

Ada pepatah “malu bertanya, sesat dijalan”. Mungkin pepatah tersebut sangat pas untuk para blogger pemula yang ingin belajar SEO. Intinya jangan malu untuk bertanya kepada orang yang lebih berpengalaman dalam hal SEO jika Anda ingin belajar dan mendalaminya.

Sebagai contoh, meski ada banyak sekali artikel di internet yang membahas SEO, kenyataannya ada banyak orang yang memang tidak memahami seacra penuh isi artikel tersebut. Faktor utamanya adalah banyaknya istilah yang memang asing, terdengar baru dan tidak di mengerti. Apalagi dalam dunia SEO umumnya istilah penting merupakan kata dari bahasa Inggris.

Sebelum Anda bertanya, dalam artikel ini kami akan memberitahukan mengenai berbagai istilah dalam SEO yang penting diketahui. Simak daftarnya dibawah ini:

  1. Keyword (kata kunci): ini adalah istilah yang paling umum dan mungkin sudah dipahami pemula. Yakni sebuah frase keyword yang merupakan satu atau sekelompok kata yang mencontohkan suatu brand, baik berupa layanan maupun berupa produk. Keyword akan membantu user serta search engine guna mencari tahu sebuah penjelasan atau gambaran pada halaman website.
  2. Keyword Reseach: Sebuah istilah yang merujuk pada sebuah proses pencarian kata kunci yang tepat untuk ditargetkan. Proses ini guna mendapatkan pencarian tinggi dengan persiangan serendah mungkin untuk sebuah kata kunci. Keyword Reseach merupakan bagian paling utama pada SEO serta sangat mempengaruhi hasil rank.
  3. Exact match types: Sebuah tipe pencarian kata kunci yang bisa menampilkan kata kunci yang ada pada judul tanpa harus menambahkan keyword lain. Hasil dari Exact Math types ini merupakan yang paling relevan serta sangat lazim digunakan para blogger guna melakukan sebuah riset kata kunci. Exact Match types merupakan bagian dari Keyword Reseach.
  4. Keyword Planner: Sebuah fitur alat atau tool yang dimiliki ole Google yang dapat membantu para blogger untuk melakukan Keyword Research.
  5. Monthly searches: Istilah yang merujuk pada jumlah pencarian dalam waktu satu bulan pada sebuah keyword. Ini masih termasuk dalam Keyword Reseach.
  6. Anchor text: merupakan sebuah istilah dalam SEO yang nmerujuk pada teks hyperlink, artinya yakni sebuah teks yang terhubung dengan link. Anchor text ternyata digunakan sebagai keyword sehingga sering disebut, dan tentunya penggunaannya dapat meningkatkan ranking.
  7. Title tag: Bisa disebut sebagai halaman judul dengan bentuk tag pada html. Sederhananya, Tittle tag merupakan headline pada hasil pencarian.
  8. Meta description: merupakan bagian dari html yang berguna untuk mendeskripsikan suatu halaman. Meski demikian Meta description sebenarnya tidak berefek untuk ranking di search engine, hanya saja dapat meningkatkan tingkat klik ke halaman web atau blog mengingat Meta Description juga muncul pada hasil pencarian.
  9. Relevansi: Sebuah istilah untuk mengukur tingkat relevan atau kesamaan atau keidentikan sebuah halaman yang ditentukan oleh google sebagai penentu ranking pada Search Engine.
  10. Heading Tag: Pemberian tag pada sebuah teks guna memberitahu atau menandai bahwa teks tersebut merupakan bagian terpenting, lebih penting, kurang penting, maupun untuk maksud tertentu.
  11. Dofollow: Istilah yang merujuk pada jenis link yang poin-nya bakal diteruskan oleh Google menuju halaman yang dirujuknya. Termasuk dalam teknik SEO Off page.
  12. Nofollow: Bisa dikatakan ini adalah kebalikan dari Dofollow, yakni Google tidak akan meneruskan poin halamannya menuju halaman yang sudah dirujuk.
  13. Link Building: Merupakan sebuah proses untuk membangun backlink yang nantinya bakal diarahkan menuju pada blog atau halaman web Anda. Masih dalam SEO Off Page.
  14. Backlink: Sebuah tautan maupun link dari halaman blog lain yang akan mengarah ke blog Anda. Banyak artikel yang membahas bagaimana mendapatkan Backlink.
  15. Indexing: Sebuah istilah yang merujuk pada proses yang dilakukan mesin pencari untuk mengumpulkan serta menyimpan data pada seluruh web. Mesin pencari atau search engine secara terus-menerus akan menjelajahi berbagai situs website guna menambahkan halaman terbaru ke database agar dapat masuk daftar.
  16. Long Tail Keyword: Istilah ini adalah kata kunci panjang yang berfungsi agar pemilik halaman web lebih mudah meraih rank tinggi pada Google mengingat tingkat persaingan yang lebih sedikit.

Demikianlah beberapa istilah penting dalam SEO yang harus Anda ketahui.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.