Beberapa Istilah Populer dalam Penggunaan Aplikasi Browser

Penggunaan-Aplikasi-Browser

Masyarakat modern kalangan menengah ke atas tentu tak asing lagi dengan penggunaan aplikasi browser sebagai fasilitas pendukung internet. Browser atau yang dalam bahasa indonesia disebut dengan nama “Peramban” tersebut merupakan aplikasi yang bisa membantu kita menjelajah internet. Dengan browser kita dapat membuka situs, media sosial, blog, dan berbagai hal di internet. Namun mungkin ada beberapa istilah yang belum dipahami secara benar oleh para pengguna internet. Berikut ini adalah beberapa penjelasan mengenai istilah-istilah populer tersebut:

Artikel terkait: Sebenarnya Apa Itu Internet?

1. Home

Halaman depan yang menjadi menu utama dalam sebuah suts websiteatau blog. Biasanya home merupakan halaman pertama yang bisa diakses saat memasukkan suatu domain website atau blog.Tampilan home akan mempermudah para pengguna internet untuk mengakses halaman-halaman lain dalam website atau blog tersebut. Halaman-halaman selanjutnya yang dapat diakses melalui home merupakan sub-menu yang juga terdiri dari sub-domain tertentu dan menjadi suatu kesatuan dalam suatu website.Oleh sebab itu tampilan home harus dibuat dengan menarik agar para pengguna internet penasaran untuk mengakses halaman-halaman lainnya.

2. Refresh

Suatu fitur perintah pada browser yang akan memulihkan kondisi trafik dan tampilan browser. Kadangkala anda tentu pernah mengalami situasi sulit mengakses website tertentu. Hal ini bisa diakibatkan karena kondisi trafik browser yang sedang padat dan sedang banyak dikunjungi oleh para pengguna internet lainnya.Untuk mengatasi kondisi ini, anda dapat melakukan refresh sebagai upaya untuk memulihkan sistem dan tampilan website sehingga dapat diakses secara mudah dan lengkap.

3. Bookmark

Fitur yang dapat membantu pengguna interne untuk menandai halaman blog atau website yang sering dikunjungi dalam periode waktu tertentu. Dengan menggunakan fitur Bookmark, anda dapat menandai dan menyimpan akses halaman internet yang sering anda kunjungi.Biasanya berbagai aplikasi browser memiliki fitur Bookmark untuk memudahkan para penggunanya.Beragam manfaat fitur Bookmark antara lain:

  • Memudahkan pengguna internet untuk menyimpan halaman website dalam jumlah banyak
  • Membantu pengguna internet mengelompokkan halaman website favorit berdasarkan kategori atau kelompok tertentu
  • Menghemat waktu akses untuk mengunjungi situs-situs favorit
  • Mempermudah proses pencarian informasi pada halaman website tertentu

4. Reload

Memiliki arti yang hampir sama dengan Refresh, yakni muat ulang. Fitur yang satu ini sangat membantu para pengguna internet untuk memulihkan akses suatu website atau blog.Bila website atau blog yang anda akses mengalami masalah atau tidak bisa tampil dengan sempurna,anda dapat menggunakan fitur reload atau refresh untuk memperbaiki akses ke website atau blog tersebut.

Halaman internet yang anda kunjungi akan lebih mudah diakses dan tidak mengalami lack atau sejumlah trouble lainnya.

5. History

Fitur untuk mencatat dan menyimpan hasil penelusuran anda ke sejumlah situs melalui aplikasi browser tertentu. Pada umumnya semua aplikasi browser memiliki fitur history yang akan merekam jejak penelusuran anda di dunia maya. Fitur history akan membantu anda untuk mencatat setiap kunjungan anda di internet.History akan membantu anda untuk kembali mencari tahu mengenai informasi yang pernah anda akses, bila anda lupa untuk mem-bookmark informasi tersebut. Data-data mengenai kunjungan internet tersebut biasanya dikelompokkan berdasarkan periode tertentu seperti history hari ini, history kemarin, history dalam 1 minggu terakhir dan berbagai pengelompokkan lainnya.Bila para pengguna internet merasa tidak memerlukan data yang terdapat pada history, data tersebut dapat dihapus dengan mudah melalui aplikasi browser yang anda gunakan.

6. Firefox

Aplikasi browser gratis yang dikembangkan oleh Mozilla Foundation dan Mozilla Corporation.Versi pertama aplikasi browser bernama asli Phoenix ini diperkenalkan untuk pertama kalinya pada 9 november 2004.12 hari sejak rilis, Mozilla Firefox telah diunduh oleh lebih dari 5 juta pengguna internet di seluruh penjuru dunia.

Beberapa keunggulan Firefox diantaranya adalah :

  • Browser yang formatnya ringan dan mudah dijalankan
  • Tampilan browser-nya terbilang sederhana, ergonomis dan tidak membutuhkan kapasitas data yang besar
  • Memiliki standar sistem keamanan yang cukup baik dan selalu diperbaharui
  • Ada fitur pemblokiran pop-up yang mendukung keamanan penggunanya saat berselancar di internet
  • Dapat digunakan di berbagai operating system seperti Windows, Macintosh dan berbagai operating system lainnya

7. Google Chrome

Aplikasi browser gratis yang dikembangkan oleh Google Inc. Versi beta dari Google Chrome diluncurkan pada 2 September 2008 dalam versi 43 bahasa. Pada bulan Desember 2008, Google kembali meluncurkan browser Google Chrome dengan kemampuan dan akses yang lebih stabil.Hingga awal Januari 2012 Google Chrome diperkirakan memiliki persentase 25%-28% dari total keseluruhan aplikasi browser yang digunakan oleh seluruh para pengguna internet di dunia.Beberapa keunggulan Google Chrome :

  • Tampilannya simpel dan futuristik
  • Memiliki fitur pencarian yang sangat baik dan memudahkan penggunanya untuk mendapatkan akses menuju website yang mungkin memiliki informasi yang berkaitan
  • Mampu meminimalkan tindak penipuan dengan mem-bold akses website yang dianggap mencurigakan dan menjurus ke unsur penipuan. Misalnya saja anda mengakses google.bgj5.com, maka Google Chrome akan mem-bold .bjg5.com untuk memastikan apakah anda memang ingin mengakses halaman situs tersebut atau tidak.

Semoga daftar istilah diatas bisa memberikan tambahan informasi yang bermanfaat bagi pembaca sekalian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.