Beberapa Manfaat Menjadi Blogger

Manfaat-Menjadi-Blogger

Lelah berpikir bagaimana mendesain blog, kemudian merampungkan berbagai artikel untuk dibaca banyak orang serta ditambah dengan permasalahan SEO yang menjurus ke persaingan. Ya, itulah kegiatan yang dilakukan seorang Blogger. Ada banyak alasan mengapa para Blogger mau berlelah-lelah diri dan merelakan mata mereka memantau terus ke layar komputer.

Salah satu alasannya adalah soal rupiah, dan kedua adalah kepuasan serta kebanggaan tersendiri. Kalau sudah berbicara mengenai kepuasan dan kebanggaan tentu Anda tidak harus berpikir mengenai uang. Tetapi tidak ada salahnya jika Anda berlelah-lelah menjadi Blogger untuk mendapatkan keduanya, yakni kepuasan dan uang.

Lebih dari itu sebenarnya ada banyak sekali manfaat menjadi Blogger, yang pasti semua manfaat yang diperoleh adalah baik selama Anda membangun blog dengan konten wajar.

Nah, berikut ini adalah berbagai manfaat yang dapat diperoleh saat Anda menjadi seorang Blogger:

1. Meningkatkan Kemampuan Menulis

Semakin sering Anda menulis maka akan semakin meningkat skill menulis yang baik. Tidak semua orang bisa menjadi penulis yang baik, tetapi seorang Blogger umumnya memiliki skill menulis yang hampir sama dengan penulis di media massa seperti koran maupun majalah. Terbentuknya kemampuan ini adalah karena kebiasaan.

Jadi jika merasa tulisan di blog sendiri belum terlalu bagus, artinya Anda masih harus sering-sering membuat artikel dan mempelajari gaya bahasa artikel lain yang ditulis oleh seorang professional. Dalam kata lain, melalui blog Anda bisa mempelajari skill menulis secara otodidak.

2. Lebih Peka Terhadap Lingkungan

Menulis Blogger tidak melulu mengenai berita-berita yang sedang populer di dunia, tetapi juga bisa menuliskan apa yang terjadi di sekitar Anda. Sebagai contoh ketika Anda melihat sebuah pementasan kesenian daerah yang sudah hampir punah, kemudian Anda menulisnya pada blog atau hal lain seperti kejadian aneh, bisnis, sosial dan sebagainya.

3. Meningkatkan Kreativitas

Mengenai hal ini mungkin ada hubungannya bagaimana Anda terus berpikir agar tampilan blog menjadi semenarik mungkin. Atau bisa juga Anda terus mengasah kreativitas dalam menulis agar tulisannya enak dibaca. Dengan seringnya melatih kreativitas dalam melakukan Blogging, mungkin akan berpengaruh pada kreativitas Anda pada bidang lainnya.

4. Wawasan Semakin Luas

Memutuskan menjadi Blogger berarti sama saja Anda harus siap untuk mencari dan memperoleh banyaknya informasi dari luar sana. Apalagi jika sebuah blog yang Anda kelola memiliki banyak kategori atau sub tema. Jadi untuk itulah Anda harus banyak-banyak membaca dan mendengarkan beragam informasi.

 Mungkin karena dituntut untuk memperoleh banyak informasi, dengan sendirinya Anda bakal menyukai program acara TV yang menyuguhkan berita, info bisnis, petualangan, info produk maupun perkembangan sosial lain ketimbang menonton program acara yang kurang informatif.

5. Menjadikan Anda Banyak Teman Baru

Ketika aktif di dunia maya sebagai Blogging, dengan sendirinya Anda bakal mendapat banyak teman baru yang se-hobby. Anda bisa saling berbagi ilmu, menambah wawasan baru, dan juga berbagi ide. Sering kali komunitas blog akhirnya mengadakan ‘kopi darat’ yang pastinya ada banyak sekali manfaatnya.

Meski kadang-kadang karena terlalu berlama-lama di depan komputer justru membuat seorang Blogger tidak punya banyak teman di luar. Disinilah kerugian jika Anda berlebihan dalam menggunakan internet.

6. Mendapatkan Penghasilan

Bagi masyarakat awam kadang-kadang menganggap seorang Blogger adalah pengangguran berat yang hanya menghabiskan sebagian besar waktunya di depan komputer. Padahal banyak Blogger yang justru memperoleh penghasilannya dari blog yang dikelolanya. Salah satunya melalui advertising atau pengiklanan secara langsung dari pengiklan maupun melalui program pengiklanan Adsense dari Google yang sedang populer saat ini.

Jadi sangat mudah menjadi Blogger karena hanya mengandalkan skill menulis dan SEO untuk memperoleh uang, selebihnya hanya duduk di depan komputer. Bandingkan dengan seorang pekerja diluar sana yang harus menghabiskan waktu ditempat kerja dan kerap kali mengerahkan tenaga untuk mendapatkan penghasilan.

7. Mendapat Pahala

Ketika artikel yang Anda tulis adalah artikel yang berguna, bermanfaat dan informatif, maka Anda akan mendapatkan pahala. Jadi hindarilah konten-konten yang bersifat kekerasan, penghinaan, SARA, atau bahkan pornografi karena hanya akan menimbulkan dosa.

2 thoughts on “Beberapa Manfaat Menjadi Blogger

  1. Kita harus berterima kasih atas dedikasi para blogger yang telah mencurahkan segala ilmu pengetahuannya dan mau sukarela berbagi informasi untuk semua orang, tanpa mereka tentu informasi yang kita dapat saat ini tidak mudah ditemukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.