Bisnis Game PlayStation yang Mudah dan Menggiurkan

Bisnis-Game-PlayStation

Apakah Anda sempat merasa heran, pada jaman serba canggih ini dimana permainan video game bisa dimainkan pada smartphone, komputer atau laptop namun PlayStation tetap saja tidak kesepian peminat. Memang dalam dunia game PlayStation Indonesia terbilang sudah ketinggalan jaman. Hal ini dikarenakan masih populernya PlayStation 2, padahal saat ini Sony Computer Entertainment sudah merilis PlayStation 4 yang terbaru.

Alasannya sangat klasik yakni masalah harga PS 2 yang sangat terjangkau dan juga karena orang Indonesia sudah terlanjur terbiasa memainkan game-game PS 2 sejak hampir 10 tahun yang lalu. Setidaknya PS 3 kini sudah mulai banyak peminatnya mengingat banyak pusat rentalan yang telah menyediakannya.

Baiklah, apapun versi PlayStationnya yang jelas disini kami akan membahas mengenai bagaimana mendapatkan keuntungan melalui bisnis game ini. Perlu diketahui berbisnis game PlayStation ternyata sangat mudah dan bisa dijalankan oleh siapapun bahkan mungkin ibu-ibu rumah tangga. Berikut ulasannya:

1. Rental PlayStation

Bisnis ini sudah mulai banyak dijalankan sejak hampir 15 tahun yang lalu pada masa era kejayaan PS 1. Ini adalah bisnis yang mudah dan tidak memerlukan modal besar karena bisa disesuaikan berapa unit game yang disediakan. Sebagai contoh saat ini harga PS 2 baru versi Slim HDD dibanderol Rp 1.4 jutaan dan Anda membeli 5 unit.

Maka modal yang diperlukan hanya sekitar Rp 7 jutaan. Itupun sudah termasuk perlengkapan game seperti stick dan file game yang banyak karena ditampung pada media penyimpanan Harddisk. Sebagai biaya tambahan adalah unit Televisi yang bisa menggunakan TV CRT karena harganya lebih murah.

Umumnya Rental PlayStation memiliki harga Rp 3000 per jam, jadi perhitungannya bila Anda memiliki 5 unit PlayStation dan dimainkan secara bersamaan, maka perjamnya Anda bisa mengantongi penghasilan hingga Rp 15000. Dan bila masing-masing 5 unit sehari dimainkan 3 jam maka penghasilan bisa mencapai Rp 45000 dan jika di total sebulan Anda mendapatkan Rp 1.3 jutaan.

Namun angka ini hanya perkiraan yang pesimis saja karena penghasilan bisa jauh melebihi perkiraan tersebut. Biaya perawatan PlayStation bisa dibilang tidak terlalu mahal dan untuk menambah file game Anda bisa mengunduh sendiri atau mengisi dengan biaya rata-rata Rp 2000 per game.

Mengapa kami katakan bisnis rental PlayStation mudah? Tentu saja, Anda hanya perlu menjaga dan melayani orang yang akan bermain. Hanya cukup menyalakan televisi dan memencet beberapa kali tombol pada unit PS. Kemudian mengatur Timer off pada televisi. Selain itu Anda tidak perlu berada di lokasi yang strategis karena lokasi yang masuk gang sempit pun bisa.

Yang terpenting adalah banner atau penanda rentalan agar diketahui orang-orang sekitar, terutama anak-anak. Jadi bersyukurlah bila di sekitar rumah Anda ada banyak anak-anak karena merekalah target utamanya. Agar lebih bijaksana sebaiknya Anda memberlakukan aturan seperti batasan jam tutup hanya sampai pukul 21.00 dan larangan anak-anak sekolah bermain yang masih mengenakan seragam.

2. Sewa PS

Selain rental PS di tempat, peluang lain juga bisa datang dari jasa sewa PS untuk dibawa pulang. Harganya tentu lebih mahal, umumnya mencapai Rp 25.000 per hari atau per 24 jam. Resikonya adalah kerusakan dan penggunaan yang sembarangan.

3. Jasa isi game PS

Untuk Anda yang memiliki banyak file game PlayStation tersimpan pada komputer, ada baiknya Anda juga membuka jasa isi game PS ke Harddisk. Layanan ini ditujukan bagi para gamer yang memiliki unit PS sendiri dirumahnya. Untuk mendapatkan berkas-berkas game PS Anda bisa mendapatkannya dari internet dengan mengunduh atau melakukan Extract dari media distribusi seperti kaset-kaset.

Umumnya  per-satu game dihargai Rp 2000, dan Anda hanya cukup mengeluarkan Harddisk dan menyalin game ke Harddisk tersebut. Mudah dan keuntungan yang didapat adalah 100%.

4. Service PS

Bisnis Service PS juga termasuk salah satu yang cukup menguntungkan. Hanya saja Anda harus memiliki skill untuk repair dan pemeliharaan. Lagipula tanggung jawab yang akan didapat juga cukup besar. Umumnya layanan jasa ini cocok bagi Anda yang sudah berpengalaman dalam menangani Hardware game.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *