Bisnis Photobooth – Foto Cepat Untung Cepat

Bisnis-Photobooth

Sedang nge-trend apa yang disebut Photobooth, terutama pada acara-acara semacam pesta pernikahan. Namun apa sebenarnya itu Photobooth dan mengapa sangat populer saat ini? Bukankah sudah ada kamera ponsel dengan kecepatan untuk mengunggahnya ke media sosial atau mungkin ada penggunaan kamera DSLR yang menawarkan kualitas pencitraan bagus?

Jangan salah kira karena Photobooth sebenarnya adalah pelayanan jasa yang foto atau pemotretan yang umumnya dilakukan pada sebuah stand, serta mampu menghasilkan foto yang tercetak dengan waktu yang amat sangat singkat. Mungkin akan lebih mirip dengan foto langsung jadi seperti yang sering ditemui pada tempat-tempat wisata.

Bedanya Photobooth dilakukan pada satu tempat saja dan sebelum proses pencetakan dilakukan olah digital semenarik mungkin. Hasil foto dari Photobooth akan dijadikan sebagai souvenir atau kenang-kenangan pada acara tertentu.

Perangkat Photobooth

Meski amat sangat singkat dalam pemotretan sampai pencetakannya, Photobooth sebenarnya menggunakan perangkat yang tidak sembarangan. Justru pada Photobooth lebih banyak menggunakan perangkat, ketimbang foto langsung jadi di tempat wisata. Untuk yang pertama sudah tentu adalah penggunaan kamera professional sekelas DSLR agar menghdirkan hasil foto yang bagus, tajam dan warnanya natural. Photobooth hanya dilakukan pada satu tempat saja sehingga kamera harus diletakan pada Tripod sebagai penyangga.

Kemudian jasa Photobooth yang bonafit sudah tentu akan menggunakan teknik lighting yang lebih professional, memanfaatkan lampu studio beserta reflektor sebagai penghalus cahaya. Untuk proses olah digital penyedia jasa Photobooth biasanya menggunakan perangkat laptop dan yang terakhir adalah alat cetak atau printer.

Perlu diektahui bahwa alat cetak atau printer pada Photobooth sebaiknya tidak menggunakan printer Injket biasa melainkan dengan printer thermal seperti jenis mini Lab yang menghadirkan kecepatan tinggi dalam mencetak foto.

Perangkat diatas merupakan perangkat untuk memotretnya, dan ternyata sebuah Photobooth tidak akan menarik apabila tidak memiliki property pendukung. Property pendukung sebaiknya dihadirkan untuk menambah kesan lucu, segar dan menarik bagi orang yang melihatnya. Sebagai contoh adalah kacamata besar, wig atau rambut palsu, kostum unik, topi unik, kumis palsu, kotak tulisan dan yang paling penting adalah background.

Bisnis Photobooth

Bisnis ini bisa dibilang cukup mudah meski ada teknik dan skill yang harus Anda kuasai. Ada banyak orang yang ingin mengabadikan momen pada sebuah foto saat berada di sebuah acara. Itulah mengapa penyedia jasa layanan Photobooth umumnya menyasar konsumen pasangan yang hendak menikah. Foto instan yang dijadikan sovenir pernikahan dipastikan akan disimpan dengan baik ketimbang souvenir seperti kerajinan tangan atau souvenir yang merupakan barang-barang yang mudah rusak.

Modal untuk dapat membuka jasa Photobooth bisa dikeluarkan seminim mungkin, dan keuntungan sebanyak mungkin. Ini karena Photobooth berbeda dengan konsel foto studio yang lebih memakan banyak biaya. Studio foto membutuhkan ruangan permanen dengan perangkat lampu lebih banyak. Selain itu studio foto tidak portable seperti Photobooth yang bisa dilakukan diberbagai tempat.

Perkiraan Modal

Jika Anda bertanya mengenai rincian berapa banyak modal yang harus dikeluarkan, maka kami akan menuliskan beberapa rincian singkat. Mulai dari kamera DSLR, Anda bisa menggunakan kamera kelas entry level yang harganya bisa berkisar 3 jutaan sampai 5 jutaan. Kedua adalah lampu studio termurah dengan harga 1 jutaan atau bisa menggunakan flash eksternal harga murah hingga 800 ribuan plus pemicu atau triggernya.

Sedangkan Light Stand yang lebih solid adalah kelas menengah harga diatas 300 ribuan. Untuk perangkat tambahan adalah Reflektor baik berupa umbrella maupun Softbox. Harganya bisa berkisar 200 ribu sampai 500 ribu tergantung ukuran dan kualitasnya. Jadi Anda setidaknya bisa mengeluarkan modal hanya sekitar 7-8 jutaan belum termasuk laptop, pinter dan property lain.

Mengenai laptop Anda bisa memilih yang dianggap cocok, tetapi yang pasti harus memiliki kemampuan cepat untuk proses olah digital. Kami merekomendasikan printer Thermal dengan merek Kodal dari seri 305, 6850, 605 dan lain-lain. Harganya memang cukup mahal dibandingkan pinter Inkjet biasa, bisa mencapai 8 juta sampai 15 jutaan.

Marketing Strategi

Yang paling penting dalam strategi pemasaran adalah channel yang kuat. Kemudian tawarkan jasa Anda pada situs website dengan menyertakan portopolio (hasil karya) serta harga paket. Umumnya jasa Photobooth menawarkan sejumlah paket, sebagai contoh untuk paket 100 lembar dengan harga 1,5 juta atau terkadang ada pula yang menawarkan paket unlimited. Anda bisa bekerja sama dengan pihak EO untuk membantu menawarkan jasa Photobooth Anda.

4 thoughts on “Bisnis Photobooth – Foto Cepat Untung Cepat

  1. saya sebagai photographer dan video shooting di karawang…ada gak ya yg butuh saya untuk ikut gabung…maksu saya saya kadang dapat job yg tak tentu..bisa di hub.di 0858 1183 8776 – wathsapp 0812 1314 1658 FB Tajudin Nirwan < sedang pegang camera Panasonik MD 10000 dan Backround profil Nikon D3100. Saya butuh Kerjaan yang menantang buat saya Saya tinggal di Karawang siap untuk kerja di mana saja..Terimakasih di tunggu callwork.

  2. memang bisnis photobooth sedang booming dan sangat menyenangkan jika ada di sebuah acara pernikahan, karena selain bisa foto beramai-ramai juga ada gimmick lucu untuk pelengkapnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.