Cara Mendapatkan EFIN Pajak Online dengan Mudah

Cara Mendapatkan EFIN Pajak Online

Membayar pajak merupakan kewajiban dari tiap-tiap warga negara. Sebagian besar orang Indonesia belum belajar cara membayar pajak dengan benar. Bahkan ada juga yang belum mengetahui bagaimana mekanisme bayar pajak dengan baik. Satu diantara yang perlu dikerjakan oleh warga negara yaitu membayar SPT tahunan baik pribadi ataupun perusahaan. Sebelumnya melakukan efilling pajak dari SPT tahunan yang perlu dibayarkan, Anda terlebih dulu harus punya EFIN. Masih banyak yang masih tetap bertanya tentang langkah memperoleh EFIN.

EFIN merupakan kepanjangan dari Electronic Filling Identification Number atau nomor jati diri seseorang yang diterbitkan oleh Direktorat Jenderal Pajak (DJP) bagi wajib pajak supaya dapat bertransaksi via internet dengan DJP. Dengan memakai EFIN maka akan mudah bagi wajib pajak memberikan laporan SPT tahunan secara online dan terenkripsi dengan aman dan rahasia. EFIN juga akan dibutuhkan dalam proses e-filling untuk beberapa harus pajak baik itu pribadi atau pajak badan.

Cara Mendapatkan EFIN

EFIN merupakan bukti yang otentik pada tiap-tiap dari transaksi elektorinik atau efilling dari SPT supaya bisa dienkripsi jadi dapat terjamin kerahasiannya. Anda mungkin sedang mencari informasi tentang cara mendapatkan EFIN.

Anda dapat mengikuti beberapa langkah yang didapatkan begitu Anda dapat memperoleh EFIN yang Anda butuhkan. Untuk sebagian orang yang ingin memperoleh EFIN baik untuk pribadi,  juga akan mencari tahu tentang langkah memperoleh EFIN badan. Di bawah ini adalah langkah yang perlu dikerjakan untuk dapat memperoleh EFIN untuk beberapa wajib pajak :

1. Download dan Mengisikan Formulir dari EFIN

Sama seperti ketika memperoleh EFIN pribadi, wajib pajak dari badan dibutuhkan ketika memohon EFIN. Namun untuk wajib pajak berbentuk badan, wajib pajak dari badan mesti terlebih dulu pilih perwakilan dari badan atau perusahaan supaya dapat memperoleh EFIN.

Pengurusnya mesti terlebih dulu ditunjuk. Sesudah menunjuk pengurusnya, selanjutnya download formulir dari EFIN dan mengisikan komplit dari data dan mengisikan jati diri dari wakil perusahaan itu untuk jati diri dari wakil untuk wajib pajak. Tidak lupa untuk mengisikan handphone dan alamat dari email yang masih tetap aktif. Lalu memberikan cap dari perusahaan ditandatangani.

2. Mengajukan Formulir dari EFIN dan Dokumen Lain pada KPP Terdekat

Selanjutnya, cara mendapatkan EFIN pajak online untuk badan yakni dari pengurusnya sendiri juga akan ditunjuk perusahaan dalam jadi wakil untuk dapat datang ke KPP yang paling dekat di mana tempat perusahaannya didaftarkan. Berikut ini dokumen yang perlu diikutkan untuk dapat dipakai dalam cara memperoleh EFIN pajak :

  • Foto copy dan asli dari kartu NPWP dan SKT (Surat Keterangan Terdaftar) dari wajib pajak
  • Foto copy dan asli dari kartu NPWP dan SKT pengurusnya yang ditunjuk jadi wakil
  • Kartu jati diri dari pengurus atau KTP
  • Surat kuasa yang menjelaskan kalau pengurus itu adalah wakil dari wajib pajak atau perusahaan pemohon EFIN tersebut

3. Melakukan Aktivasi EFIN

Bila Anda sudah memegang kertas dari EFIN yang mana telah diperoleh dari KPP, selanjutnya lakukan aktivasi dengan cara masuk pada situs djponline.pajak.go.id.

4. Langkah Aktivasi EFIN

Gambar di atas menjelaskan cara untuk mendapatkan EFIN lalu juga sudah diterangkan tentang langkah aktivasi EFIN. Anda mesti mengurusinya sebelum pajak yang Anda mesti bayarkan terlambat. Karna bila terlambat, Anda juga akan didenda. Pastinya cara mendapatkan EFIN di atas dapat Anda kerjakan dengan benar dan gampang.

Ada beberapa hal yang mungkin terjadi, misalnya saja lupa EFIN pajak. Anda akan terasa bingung bila terjadi pada Anda. Berikut beberapa hal yang perlu dikerjakan ketika Anda lupa EFIN yang Anda miliki

  1. Hal pertama yang perlu dikerjakan yaitu dengan masuk pada halaman djponline. pajak. go. id/resetpass. Lantas kemudian Anda dapat memasukan nomor dari NPWP, kode dari EFIN pajak, kode dari pengaman dan tidak lupa untuk mencentang ‘lupa email’. Hal itu bila Anda lupa email mana yang dipakai. Hal semacam ini juga akan menolong Anda dalam cara mendapatkan e-FIN. Namun Anda juga bisa hanya memasukan NPWP dan EFIN dari pajak Anda.
  2. Selanjutnya cek kembali email di mana dipakai ketika mendaftarkan account dari efilling dari DJP Online. Klik link yang dikirim di email agar dapat mereset password dari efilling DJP yang Anda punyai. Lalu pada halaman reset password jadi juga akan ada isian dari efilling dari DJP online lalu juga akan ada pemberitahuan yang mana harus Anda kenali, tersebut di sini sebagian berisi :
  • Pastikan Anda menyimpan EFIN yang diberi KPP
  • Jika lupa atau tidak menyimpannya, Anda dapat memohon untuk cetak ulang EFIN pada KPP yang paling dekat
  • Anda dapat mengganti email supaya dapat menerima password yang baru, bila Anda menghendakinya jadi dapat pilih YA dibagian lupa email
  • Ketika mengganti email, passwordnya juga akan di kirim pada email baru Anda, lalu email itu juga akan digunakan sistem supaya dapat kirim beragam pesan pada Anda.

Demikianlah artikel singkat tentang cara mendapatkan EFIN pajak online dengan mudah yang bisa Anda lakukan sekarang juga. Semoga artikel ini bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *