6 Cara Promosi di Forum Internet dengan Cerdas dan Efektif

Cara Promosi di Forum Internet

Ada banyak fasilitas, ada banyak tempat dan ada banyak peluang untuk mempromosikan produk atau jasa Anda melalui internet. Jika kita sering membicarakan tentang strategi promosi dengan ‘bertempur’ pada pesaing di mesin pencari, atau promosi lewat media sosial sampai dicap sebagai tukang spam, maka ada jalan lain yakni melalui fasilitas forum internet.

Saat ini sudah cukup banyak forum internet yang dibuat dan dikembangkan baik oleh perorangan, perusahaan maupun komunitas. Forum internet hampir seperti sosial media dimana akan ada banyak orang yang saling bertukar pikiran, memberikan informasi dan juga menawarkan sesuatu. Fasilitas inilah yang akhirnya harus Anda manfaatkan untuk mencapai tujuan memperoleh keuntungan lewat penjualan produk maupun jasa.

Tunggu dulu, jangan terburu-buru untuk mempromosikan sesuatu di forum, karena ada kode etik dan banyak peraturan yang harus diketahui. Berikut ini kami mencoba memberikan trik cerdas promosi di forum internet agar lebih efektif:

1. Carilah Forum Jual Beli

Setiap forum biasanya memiliki kategori dan sub kategori masing-masing. Pembahasan bisa berupa topik yang berbeda satu sama lain. Dan beberapa forum internet populer ternyata menyediakan fasilitas khusus untuk jual beli.

Di sana Anda dapat mengunggah foto, menuliskan deskripsi produk dan memberi banderol harga. Penggunaan forum jual beli memang sangat efektif, dan diperkirakan akan banyak dilihat pengunjung lain. Cobalah untuk memanfaatkan forum jual beli, masuk pada kategori yang tepat dan judul yang menarik selama benar (bukan penipuan).

2. Tinggalkan Link

Seorang pedagang online yang memanfaatkan forum internet biasanya sangat aktif akunnya. Mereka sering kali ikut nimbrung pada topik yang sedang dibicarakan. Anda tidak harus selalu secara gamblang mempromosikan produk saat nimbrung karena akan dicap sebagai spam.

Tetap membuat komentar atau postingan sesuai topik, namun pada bagian bawah Anda bisa meninggalkan link menuju toko online atau lapakan produk Anda yang lain. Trik ini banyak digunakan oleh jutaan pedagang online yang aktif di forum internet.

3. Jangan sekali-kali posting dagangan bukan pada tempatnya

Beberapa kali sering terlihat ada sebuah postingan dagangan pada forum internet tertentu. Padahal tempatnya adalah kategori untuk diskusi sebuah topik, seperti photography, lounge, berita dan politik serta topik lain.

Dijamin tidak akan ditanggapi member forum lain, postingan Anda akan dicap sebagai pengganggu, spam, lebih buruknya lagi akun Anda bisa mendapat reputasi buruk serta banned. Tetap bersemangat berdagang tetapi gunakan cara aman saja.

4. Reputasi penting

Reputasi sebuah akun adalah penting dalam berjual beli pada forum internet. Forum internet bukanlah Facebook, Twitter atau Instagram yang bisa bebas untuk para penipu. Pada forum internet Anda akan memiliki akun yang terdapat keterangan reputasi, apakah masih biasa, buruk atau reputasi baik.

Pemberian reputasi berasal dari akun lain, jadi berhati-hatilah memberikan komentar atau membuat postingan pada forum. Siapa tahu ada member lain yang tidak suka dan memberikan reputasi buruk kepada akun Anda. Jika reputasi ‘merah’ maka member lain akan curiga apakah Anda seorang seller jujur atau memang penipu.

5. Buat Thread yang kontekstual dengan penjualan

Jangan memanfaatkan forum hanya untuk promosi semata saja. Aktiflah dalam membuat thread baru yang informatif bagi member lain. Sebagai contoh Anda adalah seorang seller produk tas gunung carrier. Mungkin Anda bisa membuat sebuah thread baru tentang ‘bagaimana memilih tas gunung yang berkualitas’. Cobalah untuk membagikan informasi demikian, awalnya Anda tidak sedang promosi alias netral.

Tetapi pada akhir thread Anda bisa menyematkan beberapa produk tas gunung yang mungkin di spoiler atau quote. Anda tidak akan dicap sebagai spam karena sudah memberikan informasi atau ide pada forum meski akhirnya tetap tujuannya berdagang. Ingat, usahakan Anda membuat thread yang kontekstual dengan produk yang Anda jual.

6. Sundul thread Anda

Forum internet biasanya memiliki keunikan tersendiri, yakni kemunculan thread pada page rank ketika mendapatkan komentar baru. Padahal sebelumnya thread tersebut mungkin sudah lama tenggelam. Manfaatkan fitur ini, rajin-rajinlah menambahkan komentar baru, sebagai contoh Anda harus rajin membalas setiap komentar yang masuk. Istilah yang populer untuk trik ini adalah ‘sundul’.

Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *