Efek Buruk Bila Anda Berlebihan Menggunakan Smartphone

Memiliki Smartphone itu penting, karena melalui perangkat ini Anda bisa melakukan banyak hal terutama dalam berkomunikasi. Smartphone menawarkan fasilitas untuk berkomunikasi gratis, hanya mengandalkan koneksi internet melalui beragam layanan seperti BBM, Line, WhatsApp, WeChat dan lain-lain. Belum lagi ditambah dengan layanan sosial media yang bisa diakses dengan lebih cepat.

Tentu ini bisa juga menjadi fasilitas yang sangat mobile terutama bagi Anda yang sibuk berbisnis. Selain dalam hal komunikasi, Smartphone juga bisa menjadi perangkat entertainment dimana Anda bisa mengunduh banyak permainan yang menarik. Jadi, betapa sibuknya hari-hari Anda untuk memegang Smartphone sampai-sampai tidak ada waktu untuk bersantai sedikit tanpa Smartphone.

Apakah hal demikian menimbulkan efek buruk? Jika Anda sadari sebenarnya memang penggunaan Smartphone secara berlebihan sangat memberikan efek buruk. Berikut ulasan selengkapnya:

1. Menjadi pribadi yang cuek dengan lingkungan

Karena saking asyiknya setiap hari dan setiap saat memegang Smartphone, Anda jadi kurang peduli dengan lingkungan sekitar. Anda lebih cuek dengan kejadian-kejadian disekitar Anda, padahal seharusnya Anda harus terlibat.

Mungkin Anda lebih suka menundukan kepala dan bermain gadget ketimbang mengobrol dengan orang sekitar saat berada di kereta api. Atau Anda tidak terlalu peduli ada kecelakaan yang jelas-jelas didekat Anda karena terlalu sibuk dengan Smartphone.

2. Tidak memanfaatkan istirahat dengan benar

Bilangnya sih ingin tidur di kamar, tapi yang dilakukannya hanya tiduran dan bermain Smartphone. Orang mengira ini adalah istirahat yang benar, padahal Anda baru saja kehilangan waktu untuk memulihkan kondisi tubuh. Menurut banyak penelitian, bermain gadget sebelum tidur justru akan membuat seseorang sulit untuk tidur. Jadi, jam istirahat Anda sudah berkurang dan jika diteruskan akan membawa efek buruk lainnya.

3. Komunikasi dengan sesama semakin jarang

Sudah merencanakan untuk ‘hang-out’, tetapi setelah ketemuan Anda dan teman Anda malah sibuk bermain Smartphone. Apakah ini yang disebut kebersamaan? Padahal komunikasi secara langsung amat sangat penting guna menambah wawasan dan mendapatkan informasi lainnya. Jika bertemu hanya untuk bersibuk ria dengan Smartphone, sebaiknya ‘Hang-out’ dilakukan secara online saja. Ingat, semakin jarang berkomunikasi langsung bisa membuat hubungan renggang.

4. Produktivitas bisa terganggu

Disaat Anda berada dalam jam kerja, Anda tergoda untuk bermain Smartphone. Padahal seharusnya Anda tidak membuka Smartphone bila tidak terlalu penting atau tidak berhubungan dengan dunia kerja. Alhasil ini membuat produktivitas Anda terganggu, momen yang seharusnya dipakai untuk berkonsentrasi penuh malah diganggu dengan chattingan BBM dari orang lain.

5. Rekreasi tidak menjadikan Anda rileks

Pernahkan Anda berekreasi, namun sesampainya ditempat rekreasi justru masih tetap sibuk bermain Smartphone? Pastikan momen ini menjadi momen berharga yang bisa menjadikan Anda lebih rileks. Fungsikan Smartphone untuk berfoto-foto atau sesekali update status. Namun sebaiknya jangan lebih dari itu, karena pada momen inilah Anda harus merasakan waktu bersantai menikmati lingkungan sekitar ketimbang menikmati layar kaca.

6. Rasa cemas saat tidak menggunakan Smartphone

Mungkin jika Anda sudah merasakan kecemasan atau bahkan ketakutan jika jauh dari Smartphone, Anda bisa saja sudah terkena Nomophobia. Anda jadi seperti tidak ingin jauh-jauh dari ponsel atau mungkin Anda akan merasa cemas ketika baterai sudah low. Seperti mau ‘kiamat’ saja bila melihat peringatan agar ponsel harus segera di isi.

7. Gangguan penglihatan

Mata sebagai indera utama untuk menatap Smartphone ternyata bisa mengalami gangguan. Benar saja karena menatap layar kecil dengan banyaknya huruf berukuran ‘mini’ dapat membuat kelelahan pada mata, bahkan bisa juga membuat penglihatan kabur, pusing, sampai mata kering. Pastikan Anda mengurangi secara bertahap jika tidak ingin mengalami efek buruk penglihatan.

8. Gangguan tangan

Selain masalah penglihatan, kebanyakan menggunakan Smartphone juga berdampak pada kondisi jari yang mungkin akan mengalami kram serta nyeri otot. Ini dikarenakan seringnya Anda mengetik pesan maupun karena terlalu lama bermain game di smartphone. Selain itu pula, terlalu lama menggunakan Smartphone juga bisa meningkatkan tekanan pada otot leher serta punggung sehingga banyak pengguna aktif smartphone yang sering mengeluhkan sakit punggung maupun leher karena terlalu sering menghabiskan waktu berjam-jam dengan gadget mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.