Jenis Bisnis Mahasiswa yang Bisa Jadi Usaha Sampingan

Jenis Bisnis Mahasiswa yang Bisa Jadi Usaha Sampingan

Jaman sekarang ini, banyak mahasiswa yang terlihat semakin kreatif dan cerdik. Minat enterpreeurnya juga semakin tinggi. Ada banyak bisnis mahasiswa yang mulai bertebaran. Universitas tampat kuliah mereka pun juga tidak mau kalah. Para mahasiswa semakin galak menggencarkan dunia kewirausahaan. Bisnis mahasiswa yang dapat buat usaha sampingan ini biasanya mempunyai karakter yang serupa dengan dunia kerja bagi mahasiswa.

Mereka tetap dapat menjalankan bisnis namun tidak begitu mengikuti waktunya, sebab kewajiban utama adalah kuliah. Bisnis mahasiswa juga termasuk jenis bisnis yang rendah modal selain karakter yang serupa. Sebab pada umunya kondisi keuangan mahasiswa cenderung terbatas dan bergantung pada kiriman orang tua masing-masing. Biasanya bisnis mahasiswa berbentuk kongsi atau berkelompok.

Cara ini sangat menguntungkan dari 2 sisi, yaitu sisi berbagi tugas, sebab mereka rata-rata tidak bisa full time, terbentur dengan jadwal kuliahnya dan juga pada sisi permodalan, sebab dengan beberapa orang yang terlibat, mereka dapat patungan. Walaupun sifatnya masih sampingan, namun ada banyak mahasiswa yang menjalankan bisnisnya dengan serius. Mereka tetap agresif untuk merebut pasar.

Terkadang factor kemahasiswaannya yang membuat mereka semakin gesit, inovatif, pioner, dan dapat menciptakan hubungan yang sangat kuat dengan para konsumen mereka. Berikut ini contoh bisnis mahasiswa yang dapat buat usaha sampingan, antara lain :

1. Bisnis online

Ini merupakan cara yang paling mengasyikkan untuk di jalankan oleh para mahasiswa. Hanya dengan membuat blog, para mahasiswa sudah bisa mendapatkan penghasilan tambahan. Ini dapat dari adsence, affiliate marketing bahkan online store dengan dagangan barang milik tetangga. Waktunya sangat fleksibel, kapan saja dan dimana saja mereka mua bekerja baik itu sambil tiduran di kamar kost tetap bisa. Yang terpenting adalah adanya laptop dan koneksi internet.

2. Membuka counter pulsa

Jenis bisnis ini tergolong memakai modal yang kecil. Selain itu, perputarannya juga sangat cepat. Jadi, keuntungan juga mudah untuk di dapat, sebab produk dari bisnis mahasiswa ini mudah terjual. Tidak ribet untuk mikir strategi pemasarannya. Cukup dengan modal lokasi yang strategis dengan asset berupa HP dan deposit yang tidak melebihi dari 3 sampai 5 juta, maka bisnis mahasiswa ini sudah dapat di jalankan oleh para mahasiswa.

3. Outlet jus buah

Salah satu jenis usaha ini banyak peminatnya. Biasanya mahasiswa sangat suka jajan. Salah satu yang di gemari mehasiswa selain warung mie telur yaitu jus buah. Membuat outlet jus buah tidak terlalu ribet. Anda dapat memesan gerobak, sewa tempat kecil pada lingkungan yang banyak kost-kostan. Jika anda tidak sempat jaga, anda dapat mencari pegawai yang cukup handal untuk menjaganya.

Demikian bisnis mahasiswa yang dapat buat usaha sampingan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.