Menggunakan Media Sosial sebagai Alat Pemasaran!

 

Pertumbuhan pengguna media sosial yang cukup pesat membuat banyak para pengusaha online berlomba-lomba untuk memasang iklan di media sosial. Salah satu media sosial yang sangat efektif untuk alat pemasaran ada Facebook.

Kalau kamu perhatikan time line Facebook pasti kita akan melihat beberapa iklan di bagian news feed dan juga di bagian side barnya. Ini berarti sangat banyak pebisnis online yang merasakan manfaat dari media sosial Facebook sebagai alat pemasaran bisnis mereka.

Ada beberapa tips yang bisa kita lakukan untuk membantu meningkatkan penjualan produk yang kita tawarkan melalui media sosial. Baca artikel tentang cara membuat Facebook. Berikut ulasannya:

1. Mendengarkan Audiens

Jika kita ingin lebih sukses dalam pemasaran melalui media sosial maka lebih banyaklah mendengarkan orang lain ketimbang berbicara. Perhatikan konten yang diposting oleh target market kamu, dan bergabunglah dengan groups atau forum diskusi yang membahas tentang topik bisnis kamu untuk mengetahui apa yang dibutuhkan.

2. Tetap Fokus Pada Tujuan

Kita bisa mengerjakan banyak hal di media sosial, namun akan lebih baik bila tetap fokus pada tujuan. Strategi yang baik dalam pemasaran melalui media sosial sangat dibutuhkan, ini akan membentuk brand bisnis kamu menjadi lebih kuat. Fokuslah pada inti bisnis yang kamu jalankan dalam melakukan strategi promosi, ini akan membantu meningkatkan pertumbuhan bisnis lebih cepat.

3. Berikan Kualitas

Kualitas bisa mengalahkan kuantitas. Lebih baik kamu punya 1000 fans tapi memperhatikan setiap postingan yang kamu kirim ke media sosial, mau membagikannya, memberikan likes, ketimbang punya 10.000 fans tapi pasif dan tidak pernah ada aktifitas dan interaksi dengan akun media sosial kamu.

4. Sabar Menghadapi Audiens

Media sosial itu terdiri dari banyak orang yang memiliki karakter yang berbeda-beda. Tidak semua orang menyukai apa yang kita kirimkan di media sosial, dan tidak mungkin bisa sukses di media sosial hanya dalam waktu semalam. Karena itu, kita harus sabar dalam membangun hubungan dengan pengguna media sosial, ini akan memberikan keuntungan jangka panjang di masa yang akan datang.

5. Membuat Konten Yang Bermanfaat

Konten yang berkualitas tentu akan memberikan banyak manfaat bagi fans kamu atau followers kamu di media sosial. Jika mereka merasa senang dengan konten kamu maka mereka akan dengan senang hati membagikannya kepada teman-teman mereka di media sosial, misalnya Facebook, Twitter, LinkedIn, blog pribadi, dan media sosial lainnya.

Selain yang disebutkan di atas masih ada beberapa tips lainnya, namun akan saya sebutkan di postingan berikutnya. Mengikuti perkembangan media sosial sangat menyenangkan, apalagi bila perkembangan tersebut memberikan manfaat dan peluang yang lebih baik baik bisnis online yang kita bangun. Semoga artikel ini bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *