Peluang Bisnis Online Modal Kecil dan Bisa Dikerjakan Dari Rumah

Meningkatnya pengguna internet di Indonesia memberikan kesempatan bagi banyak orang untuk membangun bisnis di internet. Banyak hal yang bisa dijadikan peluang bisnis online, dan enaknya lagi kita bisa mengerjakan bisnis internet ini hanya dari rumah. Dengan berbekal perangkat komputer atau laptop serta koneksi internet yang memadai, kita bisa membangun bisnis online yang menguntungkan. Tentunya kita harus punya pengetahuan yang cukup untuk menjalankan bisnis ini.

Nah di artikel ini saya ingin membahas beberapa model bisnis online yang cukup banyak dikerjakan oleh para internet marketer. Pemasaran melalui internet ini punya keuntungan besar dibandingkan model pemasaran cara lama. Internet memberikan kemudahan bagi kita untuk menjangkau lebih banyak orang untuk memasarkan produk yang ingin kita jual. Internet juga memudahkan kita untuk memberikan informasi bermanfaat bagi pengguna internet. Apakah mungkin ada bisnis tanpa modal yang bisa dikerjakan? Menurut saya bisnis seperti ini sulit ditemukan, saya lebih optimis bila disebut bisnis dengan modal kecil.

Di bawah ini adalah beberapa peluang bisnis online dengan modal kecil yang bisa dikerjakan dari rumah:

1. Membangun Toko Online

Dulu, membuat sebuah toko online itu butuh pengetahuan khusus dalam hal coding dan bahasa pemrograman. Sekarang sudah tidak seperti itu lagi. Untuk membuat sebuah toko online sekarang ini sudah tidak terlalu sulit. Salah satu cara untuk membangun toko online adalah dengan memanfaatkan platform WordPress dan theme khusus untuk toko online.

Berbisnis dengan toko online sudah menjadi peluang usaha yang sangat banyak dilakukan oleh para pengguna internet. Selain pemasarannya yang lebih mudah, dalam menjalankan bisnis dengan toko online kita tidak harus memiliki produk sendiri tapi cukup dengan menjual produk orang lain. Baik itu dengan cara reseller ataupun dengan dropship.

Hanya menjual produk orang lain (reseller atau dropship) bisa mendapat penghasilan online yang cukup besar lho. Walaupun margin keuntungan yang diambil dari selisih harga cukup kecil tapi bila pembelinya banyak maka hasilnya akan cukup menggiurkan. Banyak pemilik toko online yang menjual produk orang lain akhirnya memproduksi sendiri produk yang mereka jual. Jadi, pertumbuhan bisnis melalui toko online memang sangat pesat bila dijalankan dengan serius.

2. Menjual Jasa Menulis Artikel

Bila kamu punya keahlian menulis maka ini bisa dijadikan peluang usaha dan menghasilkan uang dari internet. Pertumbuhan website dan blog di internet yang cukup pesat membuka peluang bagi para penulis yang bisa menulis dengan baik. Bukan hanya artikel berbahasa Inggris saja, banyak pemilik blog berbahasa Indonesia juga membutuhkan penulis artikel untuk blog mereka.

Penghasilan dari jasa menulis artikel memang tidak terlalu besar, namun cukup menguntungkan mengingat kemampuan menulis yang dimiliki seseorang dalam menulis akan sangat bermanfaat dan menghasilkan. Sebaiknya kita harus mempelajari rate harga yang ada di pasaran sebelum menawarkan jasa menulis artikel pada seseorang. Jangan menawarkan jasa menulis dengan harga terlalu murah atau terlalu mahal karena bisa merugikan bisnis yang sedang kita bangun.

Selain itu, perlu juga untuk mempertimbangkan untuk memberikan layanan lebih kepada pelanggan untuk menjaga kepuasan pelanggan. Pelanggan yang puas dengan hasil tulisan yang kita buat tentu akan terus memesan jasa yang kita tawarkan. Hubungan yang baik serta komunikasi yang intens juga diperlukan untuk memaintain kerjasama jangka panjang. Bila kamu berhalangan dalam memenuhi pesanan, sebaiknya dikomunikasi dengan baik dengan pelanggan agar tidak menyebabkan mereka kecewa.

3. Berbisnis Affiliasi

Bisnis yang satu ini juga cukup banyak dijalankan oleh internet marketer Indonesia. Beberapa program affiliasi yang banyak dijalankan oleh internet marketer Indonesia adalah Clickbank, Amazon, dan Lazada. Dalam semua bisnis selalu ada untung dan rugi yang bisa kita alami, sama halnya dengan bisnis affiliasi. Pada bisnis ini keuntungan yang didapatkan per penjualan memang tidak terlalu besar, tapi keuntungannya kita tidak perlu repot dalam hal pengadaan dan pengiriman produk.

Dalam bisnis affiliasi, yang perlu kita lakukan adalah mengarahkan calon pembeli ke halaman penjualan melalui link affiliasi kita. Ada beberapa cara yang sering digunakan oleh internet marketer untuk berbisnis affiliasi, diantaranya adalah melalui email marketing dan juga melalui blog. Untuk bisa sukses di bisnis ini, kita harus punya website atau blog yang berkualitas dengan pengunjung tertarget.

4. Menjual Jasa Pembuatan Website/ Blog

Meningkatnya pengguna internet juga mempengaruhi peningkatan permintaan pembuatan website. Ada banyak sekali orang yang ingin berbisnis online tapi tidak mengerti cara membuat website atau blog untuk bisnis mereka. Jika kamu punya kemampuan dalam membuat website atau blog, maka peluang bisnis online yang satu ini bisa menjadi salah satu opsi yang bisa kamu jalankan.

Selain membuat website dan blog, jasa perawatan website/ blog juga cukup banyak dicari loh. Ada saja pemilik website/ blog yang tidak mengerti cara merawat website mereka, atau mungkin mereka tidak punya cukup waktu untuk memaintain website mereka. Biasanya biaya perawatan website ini tidak terlalu mahal, bisa dinegosiasikan terlebih dahulu dengan pihak klien untuk mendapatkan harga yang cocok.

5. Membangun Blog Profesional

Peluang bisnis online yang satu ini membutuhkan pengetahuan yang cukup dalam hal membuat konten yang baik dan juga pengetahuan SEO yang memadai. Blog profesional ini bisa dibuat oleh seseorang yang punya pengetahuan khusus di bidang tertentu. Misalnya kamu punya pengetahuan khusus di bidang SEO maka blog yang dibangun akan membahas tentang SEO, atau bila kamu punya pengetahuan yang baik dalam dunia internet marketing, maka kamu bisa membangun sebuah blog yang membahas tentang bisnis online.

Penghasilan yang bisa didapatkan dari sebuah blog profesional bisa dari berbagai cara, misalnya melalui program PPC Google Adsense, menjual ebook, atau menjual space iklan di blog tersebut. Saya perhatikan blogger di Indonesia kebanyakan menggunakan Google Adsense untuk mendapatkan penghasilan dari blog yang mereka bangun. Tentu saja itu terserah kepada si pemilik blog, metode monetize seperti apa yang paling menguntungkan dari blog mereka.

Sebenarnya masih banyak peluang bisnis online yang belum disebutkan di artikel ini. Pastinya kita harus mengenal kemampuan diri dan mampu melihat serta memanfaatkan peluang usaha yang menguntungkan dari internet. Semoga artikel ini bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *