Pengertian Ekonomi, Serta Prinsip dan Kegiatan Ekonomi

Pengertian Ekonomi

Apa yang dimaksud dengan ekonomi? Pengertian Ekonomi adalah ilmu sosial yang mendalami tentang aktivitas manusia yang berhubungan dengan kegiatan produksi, distribusi, dan konsumsi terhadap barang dan jasa.

Pengertian ekonomi adalah segala yang berkaitan dengan upaya dan daya manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya untuk mencapai suatu tingkatan kesejahteraan.

Kata “Ekonomi” diambil dari bahasa Yunani, yaitu “Oikos” yang berarti keluarga/ rumah tangga, dan “Nomos” yang berarti peraturan/ hukum. Dengan demikian, arti Ekonomi secara harfiah adalah suatu manajemen rumah tangga atau peraturan rumah tangga.

Pengertian Ekonomi Menurut Para Ahli

Kita juga bisa merujuk pada pendapat beberapa ahli tentang definisi ekonomi. Berikut ini adalah arti ekonomi menurut para ahli:

1. Robbins

Menurut Robins, pengertian ekonomi adalah studi tentang perilaku manusia sebagai hubungan antara tujuannya dihadapkan dengan ketersediaan sumber daya untuk mencapai tujuannya.

2. Alfred Marshall

Menurut Alfred Marshall, definisi ekonomi adalah studi tentang manusia sebagaimana mereka menjalani hidup, bergerak dan berpikir dalam konteks keseharian.

3. Adam Smith

Menurut Adam Smith pengertian ekonomi adalah penyelidikan tentang suatu keadaan dan sebab adanya kekayaan negara.

Prinsip Ekonomi

Dalam pelaksanaannya, ada beberapa prinsip ekonomi. Berikut adalah beberapa prinsip ekonomi tersebut:

1. Prinsip Produksi

Prinsip produksi adalah perekonomian memiliki peran dalam pengadaan produk, baik itu barang maupun jasa yang pelaksanaannya membutuhkan biaya dan usaha.

2. Prinsip Distribusi

Prinsip distribusi adalah kegiatan penyaluran suatu produk kepada para konsumen yang dilakukan dengan perhitungan waktu yang baik agar produk yang disalurkan sampai di lokasi penjualan tepat waktu.

3. Prinsip Konsumsi

Prinsip konsumsi adalah semua aktivitas penggunaan suatu produk yang dilaksanakan manusia dalam upaya memenuhi kebutuhannya.

Kegiatan Ekonomi

Yang termasuk dalam aktivitas ekonomi manusia adalah kegiatan produksi, distribusi, dan konsumsi. Berikut penjelasannya

1. Kegiatan Produksi

Kegiatan produksi bertujuan untuk menciptakan suatu produk, baik itu barang ataupun jasa. Kegiatan ini dilakukan oleh pebisnis di berbagai industri, misalnya agribisnis, pengusaha furnitur, konsultan, dan lain sebagaianya.

2. Kegiatan Distribusi

Tujuan kegiatan distribusi adalah untuk menyalurkan barang dan jasa dari suatu tempat ke tempat lainnya yang dekat dengan lokasi konsumen. Proses ini sangat penting dalam kegiatan ekonomi karena berguna untuk menciptakan keselarasan antara kebutuhan dan ketersediaan produk yang dibutuhkan konsumen.

Dalam kegiatan distribusi terdapat beberapa aktivitas seperti pengangkutan barang, pengemasan, penyimpanan, standarisasi kualitas barang, dan lain-lain. Artinya, dalam distribusi terdapat banyak aktivitas yang saling terkait satu sama lain.

3. Kegiatan Konsumsi

Kegiatan konsumsi merupakan aktivitas menggunakan atau memakai barang dan jasa yang dilakukan oleh manusia untuk memenuhi kebutuhannya. Beberapa contoh kegiatan konsumsi adalah:

  • Membeli makanan untuk memenuhi kebutuhan hidup
  • Membeli pakaian untuk digunakan setiap hari
  • Berlangganan listrik untuk menyalakan berbagai barang elektronik

Baca juga: 3 Produk Yang Paling Laris Dijual Online

Demikianlah penjelasan singkat mengenai pengertian ekonomi, serta prinsip dan kegiatan ekonomi secara umum. Pada dasarnya semua manusia di bumi ini telah melakukan berbagai kegiatan ekonomi di dalam hidupnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.