Apa Itu Internet? Ini Pengertian Internet Secara Ringkas

Pasti cukup banyak dari kita yang belum begitu mengerti apa itu internet. Sederhananya, internet itu adalah kumpulan komputer di seluruh dunia yang terhubung antara satu dengan yang lain secara online. Media untuk menghubungkan komputer tersebut dapat menggunakan sambungan telepon, fiber optic, satelit, koneksi tanpa kabel (wireless), dan kabel koaksial.

Ketika seseorang log on (terhubung) dengan koneksi internet, kita bisa mengakses berbagai komputer lainnya yang ada di seluruh dunia, yang juga terkoneksi di internet. Kemajuan teknologi yang terus berkembang membuat koneksi antar komputer tersebut semakin mudah. Salah satunya adalah dengan menggunakan koneksi tanpa kabel atau wireless dari perangkat laptop atau pc.

Saat kita terhubung dengan internet, kita bisa melakukan banyak hal, diantaranya; berkomunikasi dengan orang lain dengan media chating melalui text dan suara, mengirimkan email, surfing di WWW (world wide web), dan menggunakan software aplikasi yang bisa diakses di internet.

Salah satu fasilitas internet yang paling sering digunakan adalah email. Melalui email kita bisa mengirimkan surat elektronik kepada pemilik email yang lain di manapun dia berada. Dengan bantuan perangkat komputer dan koneksi internet, pesan yang kita kirimkan tadi akan sampai ke tujuan hanya dalam hitungan detik. Baca artikel tentang cara membuat email.

Besarnya paket data dalam internet memiliki ukuran tertentu. Jadi saat kita mengirimkan email dengan file yang cuku besar, maka paket data tersebut akan dibagi menjadi beberapa paket yang masing-masing akan dikirim dengan rute yang berbeda. Setelah email sampai ke tujuan, mail server di tempat tujuan akan membangun email yang kita kirim menjadi satu bagian.

Bila saat kita mengirimkan email ternyata satelit sedang sibuk maka mail server tadi akan mengulang proses pengiriman email sampai email yang kita kirim benar-benar telah terkirim. Bila email tersebut belum juga bisa terkirim ke tujuan, maka maksimum dalam 4 hari (tergantung settingan mail server kita) akan ada email notifikasi yang memberitahukan bahwa email kita tidak sampai ke tujuan.

Paket data yang kita kirimkan melewati rute yang sangat panjang dan melibatkan komputer yang sangat banyak di seluruh belahan dunia. Jadi, bila kita akan mengirimkan email atau data pribadi maka sebaiknya gunakanlah server yang aman. Server yang aman tersebut dilengkapi dengan fasilitas enskripsi data sebelum mengirim data ke komputer lain dan fasilitas dekripsi bila menerima paket data dari komputer lain.

Ok, di atas tadi adalah penjelasan singkat apa itu internet dan salah satu fasilitas internet yang paling sering kita gunakan di internet, yaitu email. Semoga artikel ini bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.