Teknologi Kamera Action GoPro Hero 4 Mampu Menembus Air Hingga 40 Meter

Kamera-Action-GoPro-Hero-4

Kabar gembira bagi para pecinta olahraga ekstrim atau para penggemar petualang karena GoPro telah meluncurkan produk kamera terbarunya yang diberi label GoPro Hero 4. Tentunya versi ini merupakan generasi penerus dari GoPro Hero 3+ yang sebenarnya kualitasnya sudah sangat mumpuni.

Jadi Anda pastinya sudah menebak bahwa Hero 4 akan jauh lebih bagus lagi. Kamera ini memang secara khsusus didedikasikan bagi Anda yang menyukai kegiatan outdoor atau olahraga ekstrim, baik itu mendaki gunung, berselancar, balap motor, balap sepeda, skateboard, berenang, rafting dan sebagainya. Atau untuk sekedar foto-foto biasa juga rasanya boleh juga mengingat hasil dan kualitas gambar yang dihasilan kamera GoPro cukup bagus.

1. Desain

Sekilas dilihat dari segi desainnya, GoPro Hero 4 tidak jauh berbeda dengan GoPro Hero 3+. Ya, dari dahulu memang GoPro tidak pernah merubah desainnya secara signifikan. Total dimensi yang dimilikinya mencapai 41mm x 59mm x 21, jadi 100% sama dengan seri pendahulunya. Sedangkan beratnya adalah 88g tanpa housing, dan dengan housing sampai 159g. Lebih berat sedikit dibandingkan GoPro Hero 3+ yang hanya 79g tanpa housing dan dengan housing 136g.

Mungkin ukuran ini hampir sama dengan jam weker yang ada pada kamar Anda. Berbicara mengenai warna hanya ada 2 opsi, yakni Hero 4 Silver dan Hero 4 Black. Spesifikasi keduanya ternyata dirancang tidak sama dan lebih unggul versi Black. Pihak produsen menyatakan bahwa versi Black memang diperuntukan untuk kalangan professional dengan fitur serta ketahanan yang lebih baik.

  • GoPro Hero 4 Silver

Untuk lebih jelasnya, marilah kita mengulas satu persatu dari kedua versi. Pertama adalah GoPro Hero 4 Silver yang sebenarnya adalah masih sama dengan GoPro HERO3+ Black yang diumumkan tahun lalu sehingga kemampuannya tidak sebagus Hero 4 Black. Meski demikian versi ini tetap memiliki kemampuan untuk melakukan perekaman video 2,7K yang berjalan pada 30fps, HD 1080p dan 1080p pada kecepatan 60fps serta 720p pada 120 fps.

Cukup luar biasa untuk sebuah kamera action yang memiliki body sangat mungil. Selain kemampuan perekaman yang hebat, HERO4 Silver juga sudah didukung dengan sistem audio yang sudah ditingkatkan sehingga menghasilkan rekaman suara jernih dan lebih peka. Tambahan lain adalah fitur mode Night Photo/Night Lapse, display layar sentuh built-in serta user interface yang lebih mudah dipahami.

  • GoPro Hero 4 Black

Seri GoPro Hero 4 Black  diklaim merupakan kamera action yang paling unggul dikelasnya. GoPro HERO4 Black ini sangguo menawarkan sensor kamera yang cukup besar mencapai 12MP dengan kemampuan untuk merekam video 4K yang berjalan pada kecepatan 30fps, 1080p pada 120fps serta dapat pula digunakan untuk perekaman video 2,7K pada 50fps.

Daya tahannya sungguh luar biasa karena Anda dapat menggunakan kamera ini didalam air dengan kedalaman hingga 40 meter dibawah permukaan. Kepekaannya juga lebih baik karena ukuran fisik sensornya yang lebih besar dan lensa super wide hingga mencapai 170 derajat. Seperti halnya GoPro lain, GoPro Hero 4 Silver dan Black akan tetap menghadirkan gambar  dengan distorsi melengkung yang terlihat semacam fisheye.

2. Harga

Kamera action GoPro memang bisa dibilang cukup mahal, untuk versi GoPro HERO 4 Silver dibanderol mencapai $399 atau sekitar Rp 4.8 jutaan. Sedangkan GoPro HERO4 Black dibanderol $499 atau sekitar Rp 6 jutaan. Harga ini dianggap setara dengan harga kamera DSLR seri Nikon D3100, D3200 atau Canon 1100D dan sekelasnya. Mengenai konektivitas Anda tidak perlu khawatir karena kamera ini sudah dibekali dengan port HDMI, Bluetooth dan Wi-Fi.

3. Kekurangan

Kekurangan kamera ini memang tidak adanya fitur zoom optik mengingat lensa yang ada adalah lensa prime dan juga tidak disediakan zoom digital. Dengan penggunaan lensa prime adalah untuk menjaga kualitas gambar tetap bagus. Pastikan segala kegiatan ekstrim Anda terekam dengan baik menggunakan GoPro Hero 4 baik dengan video maupun dokumentasi foto.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.