Tips Membuat Halaman About Pada Blog/Website

Membuat-Halaman-About

Dalam dunia blogging Anda mendapatkan kesempatan untuk memperkenalkan diri sebagai penulis atau pemilik sebuah halaman blog. Ya, kesempatan memperkenalkan diri ada pada halaman khusus yang biasanya disebut About Me. Hanya saja masih banyak blogger atau pemilik situs web yang tidak menyadari akan pentingnya About Me.

Diantara mereka banyak yang menulis pada kolom About Me secara ngawur atau bahkan justru malah sama sekali tidak membuat halaman About Me. Patut disayangkan dan semoga Anda tidak termasuk dalam golongan ‘kaum’ tersebut. About Me merupakan sebuah cara sederhana untuk memperkenalkan diri tentang siapa Anda kepada khalayak ramai.

Pada kolom inilah Anda dapat menampilkan  deskripsi tentang Anda dan tentang blog Anda. Bukankah ini menjadi fitur paling hebat untuk membuat orang mengerti tujuan Anda sekaligus menjadi ajang eksistensi diri.

Betapa pentingnya menulis secara bijak pada halaman About Me di blog, dan disinilah kami mencoba memberikan tips dan trik bagaimana menulis pada halaman About Me agar lebih bermanfaat. Simak selengkapnya dibawah ini:

Tulis Biografi atau Profil Singkat Anda

Sebagai penulis atau pemilik sebuah blog, Anda wajib menulis biografi atau profil Anda secara singkat. Tidak harus terlalu panjang, namun cukup membuat orang tahu siapa Anda. Yang pertama adalah nama, tempat tanggal lahir, domisili, latar belakang pendidikan, pengalaman kerja, apa keahlian Anda, komunitas serta hobi. Disinilah orang akan mengetahui serta akan menilai kredibilitas dan karier Anda. Atau mungkin Anda akan menemukan mitra kerja dekat setelah ada yang melihat alamat domisili.

Sejarah Singkat situs

Anda sebaiknya menuliskan sejarah singkat situs atau blog yang terkait. Tahun berapa Anda membuat, asal muasalnya, dan mengapa Anda bergelut di dunia menulis blog. Bagi orang mungkin informasi ini penting dan tidak penting. Namun setidaknya sebuah halaman About Me umumnya memang menuliskan tentang sejarah singkat.

Jelaskan Konsep Blog Anda

Yang dimaksud adalah menuliskan apa isi dan tema blog Anda. Sebagai contoh Anda adalah blogger dengan tema dan isi petualangan gunung dimana artikelnya sebagian besar adalah catatan-catatan tentang pendakian gunung yang pernah dilakukan atau ditambah dengan tips-trik dalam dunia pendakian gunung. Ingat, jangan sampai salah dalam menjelaskan konsep blog. Disini orang bisa menyimpulkan aktivitas apa yang sering Anda lakukan.

Tuliskan CP (Contact Person)

Meski umumnya pada situs web tersedia halaman sendiri untuk menuliskan CP seperti di kolom Hubungi Kami, namun Anda bisa juga menuliskan Contact Person pada halaman About Me. Memudahkan orang untuk mengetahui siapa Anda dan langsung mencatat Contact Person. Bisa berisi nomor telepon, pin BBM, WhatsApp, email, alamat akun media sosial dan lain sebagainya. Ini bisa menjadikan orang lebih mudah ketimbang setelah membaca About Me, pengunjung  harus masuk lagi ke halaman Hubungi Kami.

Daftar Situs Web dan blog Anda yang Lain

Tuliskan link-link daftar web atau blog milik Anda yang lain. Dengan demikian orang akan melihat bahwa Anda memang benar-benar seorang blogger sejati dan memahami beberapa bidang. Lagipula ini juga bisa menjadi trik SEO Page off agar pengunjung About Me juga bisa mengunjungi blog Anda yang lain.

Pilih Gaya Bahasa

Gaya bahasa penulisan dalam penulisan About Me sebenarnya cukup bebas. Anda bisa menuliskan gaya bahasa baku atau serius, namun juga bisa dengan gaya bahasa santai, atau sarat dengan humor. Yang penting tetap konsisten dengan satu gaya bahasa saja. Sebagai contoh Anda memilih penggunaan gaya bahasa santai, maka dari awal sampai akhir harus menuliskan dengan gaya bahasa santai. Tidak boleh dicampur adukan.

Masukkan Foto

Halaman About Me yang bagus seharusnya menampilkan foto Anda. Hanya saja foto yang dipasang sebaiknya adalah foto diri Anda, menampilkan wajah. Jadi bukan foto group bersama orang lain, dan kami sarankan foto setengah badan agar lebih jelas. Tidak harus pas foto, bisa menggunakan foto bebas yang penting memenuhi syarat diatas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *