Yang Harus Diketahui Perihal Domain dan Hosting, Baca Ini

Domain-dan-HostingJumlah website dari hari ke hari semakin banyak dan mengalami perkembangan yang amat pesat. Hal ini dapat kita lihat bahwa startup (produk digital yang berujuan untuk bisnis) dari Indonesia terus mengalami kenaikan. Hal in tak luput dari generasi bangsa Indonesia yang  kaum pemudanya lebih banyak daripada kaum tua, sehingga berbagai ide kreatif hadir dari mereka. Hal ini berbeda dengan negeri Jepang yang lebih banyak kaum tua daripada kaum mudanya. Salah satu jenis startup adalah website.

Dalam membangun website ada dua hal yang menjadi tonggaknya, yakni domain dan hosting. Kedua hal tersebut tidak bisa kita pisahkan karena mereka ibaratkan organ tubuh, apabila tidak ada satu maka fungsi lain tak akan bekerja. Berikut ini pembahasan lebih mendetail tentang domain dan hosting.

I. Apa Itu Domain?

Domain adalah alamat dari sebuah website. Tanpa domain kita tak akan bisa mengakses website tersebut. Ibaratkan di dunia nyata apabila kita lupa menuliskan alamat dalam mengirim paket, tentu kurir jasa pengiriman akan bingung untuk mengirim paket tersebut, alhasil paket tak sampai ke tujuan.

Apa saja bagian dari domain ?

Domain pada dasarnya kita bedakan menjadi dua bagian, yakni alamat unik dan ekstensi domain. Sebagai contoh website dengan URL Google.co.id.

  • Maxmanroe adalah alamat unik.
  • .com adalah ekstensi domain.

Baiklah, selanjutnya kita akan membahas terlebih dahulu tentang ekstensi domain.

Di dunia maya terdapat berbagai ekstensi yang penggunaannya disesuaikan dengan tujuan kita membangun suatu website. Berikut daftar ekstensi yang cukup populer.

.comDigunakan untuk situs dengan tujuan komersial atau perdagangan. Jadi, jika Anda ingin membuat situs yang berhubungan untuk berbisnis gunakanlah ekstensi .com.
.netDigunakan biasanya untuk perusahaan jaringan telekomunikasi. Namun, akhir – akhir ini .net juga kerap digunakan untuk situs personal atau bisnis. Hal ini tidak jadi permasalahan.
.infoDigunakan biasanya untuk situs yang berkaitan dengan konten berisi informasi.
.orgDigunakan untuk situs suatu komunitas atau perkumpulan.
.govDigunakan untuk situs instansi pemerintah.
.milDigunakan untuk situs militer.
.eduDigunakan untuk situs pendidikan.
.go.idDigunakan untuk situs instansi pemerintah di Indonesia.
.ac.idDigunakan untuk situs univeristas di Indonesia.
.sch.idDigunakan untuk situs sekolah di Indonesia.
.co.idDigunakan untuk situs komersial di Indonesia
.meDigunakan untuk situs personal.

Beda ekstensi beda pula tujuannya. Saat ini situs – situs di internet banyak yang menggunakan ekstensi .com. Karena, ekstensi .com saat ini bisa digunakan untuk tujuan apapun. Selanjutnya tentang alamat unik dari domain.

Apabila kita sudah mengetahui tujuan membangun website. Selanjutnya adalah giliran kita memikirkan alamat unik domain. Nah, penulis akan memberikan sedikit tips untuk menentukan alamat unik domain.

  1. Website Jual Beli

Sebaiknya nama domain berupa nama brand toko kita atau merek usaha kita. Misalnya,, butiknayla.com, hijabmuda.com, dsb.

  1. Website Perusahaan

Sebaiknya menggunakan nama dari perusahaan Anda. Misalnya, nokia.com, samsung.com, dsb.

  1. Website Pendidikan

Sebaiknya domain sesuai dengan isi konten nantinya. Misalnya, belajarbiologi.com untuk website pelajaran biologi, matematikamudah.com untuk website belajar matematika.

  1. Website Universitas

Sebaiknya menggunakan nama universitas atau singkatan dari universitas tersebut.

  1. Website Personal

Anda bisa menggunakan nama Anda atau nama gaul Anda.

Dimana saya bisa mendapatkan domain ?

Untuk mendapatkan domain Anda bisa menyewanya ke perusahaan yang yang sebagai media penyedia domain. Ada beberapa website yang bekerja di bidang domain, diantaranya :

  1. Godaddy
  2. Namecheap
  3. Domainesia
  4. Dan lain-lain

II. Apa Itu Hosting?

Hosting merupakan tempat kita menempatkan konten dan isi dari suatu website. Ibaratnya sebagai suatu rumah. Ada beberapa jenis dari hosting, diantaranya :

  1. Shared Hosting

Ini adalah tipe hosting yang hostingnya digunakan secara bersama – sama oleh website lain. Ibarat rumah kos gitu. Dalam satu rumah terdapat berbagai website. Sebaiknya tipe ini digunakan untuk website yang memiliki visitor sedikit.

  1. Virtual Private Server

Virtual Private Server atau biasa disebut VPS merupakan tipe hosting yang cocok dipakai untuk situs yang memiliki pengunjung banyak. Hosting VPS itu sendiri memiliki kapasitas yang besar dan konfigurasi yang spesifik. Jadi, bukan suatu masalah lagi bila website diserbu oleh ribuan pengunjung per harinya. Tipe hosting ini cocok untuk website perusahaan dan web yang memiliki pengunjung ribuan per harinya.

  1. Dedicated Server

Dedicated server merupakan tipe hosting yang memberikan keleluasaan kepemilikan pada kita. Jatah server pada dedicated server dapat kita pakai secara sendiri. Untuk tarif tentu dedicated server lebih mahal dari tipe hosting sebelumnya. Karena selain jatah server yang dibabat sendiri, pelayanan, serta fitur yang kita dapat spesial. Sebaiknya dedicated server digunakan untuk website yang memiliki pengunjung belas atau puluh ribuan per harinya.

Bagaimana cara mendapatkan hosting ? Untuk mendapatkan hosting Anda bisa menyewa ke perusahaan yang menyediakan hosting. Untuk menyewa Anda hanya perlu mengikuti prosedur yang telah ada atau meminta bantuan kepada customer service. Ada beberapa perusahaan penyedia hosting, diantaranya :

  1. Hostgator.com
  2. Bluehost.com
  3. Dapurhosting.com
  4. Hawkhost.com
  5. Gignode.com
  6. Jagoanhosting.com
  7. Dan masih banyak lagi

Untuk pemilihan hosting sebaiknya kita sesuaikan dengan tujuan dan jumlah visitor website kita. Apabila pengunjung berasal dari Indonesia maka gunakanlah server Indonesia, apabila visitor luar Indonesia, maka sebaiknya kita menggunakan server US.

Semoga pembahasan singkat ini bermanfaat.

One thought on “Yang Harus Diketahui Perihal Domain dan Hosting, Baca Ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.