Yang Perlu Dilakukan Ketika Usaha Baru Berjalan

Usaha-Baru-Berjalan

Kami anggap Anda sudah siap untuk berwirausaha, sudah menetukan jenis usaha apa yang hendak dijalani dan tentunya ketersediaan modal tercukupi. Jika sudah demikian artinya Anda sudah satu tingkat lebih maju ketimbang mereka yang sudah memiliki modal dan menentukan jenis usahanya namun belum percaya diri untuk segera menjalaninya.

Oke, apakah hanya itu yang perlu diperhatikan? Jangan lupakan salah satu trik dan strategi bisnis yang sebenarnya amat sangat penting, yakni strategi awal ketika usaha Anda baru berjalan. Apapun itu baik jasa, dagang dan lain sebagainya tentunya harus ada gebrakan ketika baru berjalan atau baru dibuka. Strategi semacam ini sebenarnya harus dipahami bukan merupakan strategi jangka panjang, melainkan hanya untuk sementara atau pada tahap orientasi.

Anda membutuhkan tips dan strategi gebrakan saat baru membuka usaha? Berikut ini kami ulas selengkapnya:

1. Harga promo wajib

Setiap usaha yang baru dibuka sepertinya harus memberikan harga promo. Ya, Anda bisa lihat ada banyak unit usaha seperti dagang dan jasa yang memberikan harga khusus saat baru buka. Harga khusus tentunya lebih murah dibandingkan harga pasaran yang ada. Ini menjadi salah satu gebrakan awal yang cukup efektif menjaring pelanggan.

Artinya Anda harus merelakan untuk mendapatkan keuntungan lebih sedikit atau bahkan sama sekali tidak mendapatkan laba. Tidak perlu khawatir harga promo tidak akan membuat bisnis Anda mundur, karena ini hanya sebatas mencari pelanggan baru saja. Harga promo sebaiknya hanya dilakukan 1 minggu awal atau bahkan 3 minggu awal.

2. Promosi habis-habisan

Tanpa promosi bisnis Anda seolah-olah seperti mati suri. Itu berlaku pada bisnis yang sudah lama berjalan, apalagi untuk usaha yang baru berjalan. Gunakan strategi promosi yang jitu, tepat sasaran dan tentunya efektif.

Sebagai contoh promosi via spanduk atau banner didepan tempat usaha, penyebaran brosur dikeramaian atau promosi dari mulut ke mulut kepada orang-orang yang Anda kenal. Jangan meremehkan promosi dari mulut ke mulut karena penyebaran informasinya cukup cepat dalam  komunitas.

3. Marketing online perlu

Sekalipun Anda berjualan unggas, tetap perlu memanfaatkan strategi marketing online. Ingat, Anda sudah hidup dijaman serba online dimana banyak orang memperoleh informasi dari internet. Bila perlu membuat situs web resmi, namun jika tidak memungkinkan gunakan saja blog gratisan atau memposting lapak di situs jual beli online. Tidak hanya itu, manfaatkan pula layanan messenger semacam BBM, Line dan WhatsApp yang juga cukup efektif menjadi alat marketing online.

4. Pemberian reward

Strategi diatas cukup efektif, namun akan lebih efektif lagi apabila Anda menggunakan strategi ini, yakni pemberian reward kepada para pelanggan baru. Sebagai contoh ketika Anda baru membuka usaha cuci motor, mungkin Anda bisa memberikan bonus satu sachet pengkilap body kepada pelanggan baru.

Pemberian tersebut bisa berjalan hingga satu minggu atau waktu yang Anda tentukan sediri atau bahkan ada pula yang sampai persediaan  reward masih ada. Bukankah Anda juga sering melihat di toko ketika ada produk sabun baru yang jika Anda membeli 2 akan mendapat hadiah gelas? Trik ini tidak akan mengecewakan selama reward bernominal ringan dan tidak merugikan Anda.

5. Beritahu reward dan harga promo yang Anda berikan

Bukan hanya sekedar mempromosikan unit usaha Anda seperti apa saja yang dijual dan dimana alamat usaha, namun Anda juga harus memberitahu apa saja yang sedang Anda berikan. Ya, ketika membuat brosur, konten di sosial media, broadcast di layanan messenger dan banner pastikan Anda juga menuliskan tentang harga-harga khusus yang ditawarkan, atau reward yang Anda akan berikan.

Percuma Anda memberi harga promo atau reward sejenisnya tanpa adanya pemberitahuan. Dengan demikian konsumen benar-benar akan memanfaatkan apa yang Anda tawarkan selama masa pencarian pelanggan baru.

6. Buat orang percaya bahwa milik Anda lebih baik ketimbang kompetitor

Anda menjalani sebuah bisnis, tentunya akan siap berhadapan dengan kompetitor yang lebih dulu berjalan. Nah, pastikan Anda tetap percaya diri dan membuktikan bahwa layanan dan harga lebih baik ketimbang kompetitor yang lain. Dengan demikian Anda sudah berhasil merebut pelanggan dari kompetitor.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.